Beranda Airlines Beragam Masakan Nusantara di Pesawat Jadi Bentuk Diplomasi Kuliner Garuda

Beragam Masakan Nusantara di Pesawat Jadi Bentuk Diplomasi Kuliner Garuda

Beragam Masakan Nusantara di Pesawat Jadi Bentuk Diplomasi Kuliner Garuda

Jakarta, Halo Indonesia — Beragam masakan nusantara yang disajikan selama penerbangan di pesawat dalam tajuk “The New Signature Dish of Indonesia” menjadi bentuk diplomasi kuliner ala Garuda Indonesia kepada wisatawan.

Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Vita Datau Messakh, menyambut baik hadirnya beragam menu kuliner nusantara di penerbangan Garuda Indonesia.

“Upaya ini kami yakin akan semakin mempopulerkan menu masakan nusantara kepada wisatawan,” katanya.
Beragam Masakan Nusantara di Pesawat Jadi Bentuk Diplomasi Kuliner Garuda
Vita hadir dalam acara peluncuran 21 menu “The New Signature Dish of Indonesia” Garuda Indonesia di Terminal 3 Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (20/2/2019).

Vita mengungkapkan, ke-21 menu yang dihadirkan maskapai Garuda Indonesia menjadi bentuk diplomasi kuliner kepada wisatawan. Apalagi, kuliner memberi kontribusi terbesar bagi sektor ekonomi kreatif atau mencapai 42 persen.

“Diplomasi kuliner sendiri merupakan media yang sangat ‘powefull’ untuk membuka diplomasi-diplomasi lainnya termasuk sosial, ekonomi, dan politik,” kata Vita.

Ke- 21 varian menu baru “Signature Dish of Indonesia” tersebut terdiri dari 15 menu khas nusantara. Sebanyak 6 menu baru lainnya merupakan hasil kerja sama Garuda Indonesia dengan restoran asal Sumatera Barat “Sari Mande”. Kerja sama itu memungkinkan Garuda menyediakan menu Nasi Padang Rendang Daging, Nasi Padang Dendeng Batu Sangkar, Nasi Padang Dendeng Batokok, Nasi Padang Ayam Takicuah, Nasi Padang Ayam Kalio, dan Nasi Padang Ayam Bakar.
Beragam Masakan Nusantara di Pesawat Jadi Bentuk Diplomasi Kuliner Garuda
“Garuda Indonesia sangat tepat menyajikan menu rendang. Lantaran rendang sudah ditetapkan menjadi ‘national food’ oleh Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf. Dan rendang ditetapkan sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN,” katanya.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah, menjelaskan 21 varian menu baru tersebut juga merupakan bagian dari komitmen maskapai dalam memperkenalkan makanan khas nusantara kepada dunia internasional.

Selain itu, peluncuran varian menu khas nusantara ini juga menjadi bagian dari dukungan Garuda Indonesia terhadap potensi sektor bisnis kuliner lokal melalui sinergi positif yang dilaksanakan bersama Garuda Indonesia.
Beragam Masakan Nusantara di Pesawat Jadi Bentuk Diplomasi Kuliner Garuda
“Hadirnya varian ‘new inflight’ menu di pesawat tersebut juga merupakan bagian dari komitmen maskapai dalam menyelaraskan harapan konsumen yang menginginkan ragam menu yang berbeda pada penerbangan Garuda Indonesia” ujarnya.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.