Beranda Event Menkumham Lepas Pelayaran Satgas Sail Nias 2019

Menkumham Lepas Pelayaran Satgas Sail Nias 2019

Menkumham Lepas Pelayaran Satgas Sail Nias 2019

Jakarta, HALO Indonesia – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly melepas layar Satuan Tugas Sail Nias 2019. Satuan tugas yang terdiri dari Tim Pelayaran Lingkar Nusantara IX dan Tim Surya Bhaskara Jaya itu akan mempromosikan Sail Indonesia 2019 dengan acara puncak di Kepuauan Nias, Sumatera Utara pada tanggal 14 September 2019.

“Tahun ini pelaksanaan Sail Indonesia ke-11 akan digelar di Kepuauan Nias, Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 14 September 2019 yang selanjutnya kita kenal dengan Sail Nias 2019,” kata Menteri Yasonna di Dermaga 2, Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (2/9/2019).

Menjadi pembina dalam Upacara Pemberangkatan Sail Nias 2019 tersebut, Menteri Yasonna mengatakan Sail Nias 2019 merupakan bagian dari kegiatan rutin Sail Indonesia yang diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya.

“Wilayah Kepulauan Nias dipilih pada tahun ini karena memiliki banyak kekayaan budaya dan keindahan alam. Saya berharap dengan adanya Sail Nias 2019, Kepulauan Nias dapat lebih dikenal di mancanegara,” tuturnya.

Menteri Yasonna mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, dan BUMN yang telah berpartisipasi dalam persiapan kegiatan ini. “Sehingga dapat terlaksana dengan baik dari sejak soft launching pada bulan Maret 2019 hingga saat ini,” ungkapnya.

Tim Pelayaran Lingkar Nusantara IX menggunakan kapal KRI Tanjung Kambani, sementara Tim Surya Bhaskara Jaya berlayar dengan KRI Semarang. Kedua, tim yang dikirim berasal dari unsur yang berbeda, Tim Pelayaran Lingkar Nusantara IX terdiri dari 1310 personel dan beranggotakan generasi muda Indonesia. Sementara Tim Surya Bhaskara Jaya beranggotakan 496 personel dari TNI Angkatan Laut yang akan melakukan berbagai misi sosial.

“Tim Lingkar Nusantara terdiri dari 1310 personel dan merupakan bagian kegiatan pembinaan generasi muda dalam rangka National Character Building generasi muda Indonesia,” jelasnya.

Penyelenggaraan Sail Indonesia merupakan upaya Pemerintah untuk mempercepat pembangunan sarana dan prasarana parisiwata Indonesia di berbagai detinasi.  “Dengan ditetapkannya Nias dalam promosi Sail Indonesia pada tahun 2019 ini diharapkan pembangunan sarana dan prasarana yang telah kita lakukan dapat meningkatkan pariwisata Indonesia khususnya pariwisata Nias serta menjadi lebih dikenal di dunia,” kata Menkumham Yasonna.

Dalam rangkaian Sail Indonesia di Nias tahun ini, juga digelar Festival Sail Nias. Festival itu menjadi ajang untuk mempromosikan Pulau Nias, khususnya Sumatera Utara yang menjadi gerbang destinasi wisata dunia. Tahun ini Sail Nias mengusung tema “Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia” dengan 18 rangkaian kegiatan dan atraksi,.

Beberapa kegiatan dirancang meramaikan Sail Nias, antara lain Wind Surfing and Sailing, Free Diving Competition, festival lompat batu Kepulauan Nias, festival kebudayaan Kepulauan Batu. Serta parade kapal nelayan tradisional, gebyar kopi, kuliner, Fishing Tournament Sail Nias dan Wonderful Foto Tourism Expo dan masih banyak lainnya.

Puncak acara Sail Nias akan diselenggarakan mulai 14 September 2019 direncakanan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo. Acara di Teluk Dalam Nias Selatan itu akan disemarakkan dengan agenda kegiatan antara lain Wonderful Nias Expo 2019, Kejuaraan Surfing International WS : QS 1500, pagelaran budaya dan kesenian kolosal, serta bakti sosial dari TNI AL.( Kominfo)

Bagikan

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.