Beranda Frame 277 Lansia Calon Pasien Operasi Katarak Jalani Skrining Kesehatan

277 Lansia Calon Pasien Operasi Katarak Jalani Skrining Kesehatan

BERBAGI
277 Lansia Calon Pasien Operasi Katarak Jalani Skrining Kesehatan

Dharmasraya, Haloindonesia.co.id – Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27, Kementerian Sosial menggelar pelayanan skrining kesehatan untuk menjalani operasi katarak. Sebanyak 277 lansia calon pasien operasi katarak menjalani proses skrining di RSUD Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Skrining kesehatan bagi lansia ini dimulai tanggal 19,20 dan 22 Mei 2023 untuk mengetahui apakah lansia tersebut bisa menjalani operasi katarak yang akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 Mei 2023.

Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kementerian Sosial Supomo mengemukakan bahwa pelayanan kesehatan operasi katarak ini hasil kolaborasi untuk masyarakat sekitar.

“Hari ini ada rangkaian kegiatan HLUN ke-27 berupa krining kesehatan untuk pelayanan operasi katarak hasil kolaborasi dengan yayasan kemanusiaan dari SCTV dan Indosiar,” ujar Supomo di Kabupaten Dharmasraya, Sabtu (20/5).

Pada 19 Mei 2023, sebanyak 90 lansia mengikuti skrining kesehatan. Lansia ini merupakan pasien yang diusulkan oleh Puskesmas Sungai Dareh, Puskesmas Koto Baru, Puskesmas Sungai Limau, Puskesmas Silago dan Puskesmas Gunung Medan.

Selanjutnya di tgl 20 Mei 2023 sebanyak 94 lansia telah menjalani skrining kesehatan dan di tgl 22 Mei 2023 sebanyak 93 lansia akan menjalani skrining kesehatan.

Sebagai informasi, puncak peringatan HLUN ke-27 akan diperingati pada Senin, 29 Mei 2023, dengan rangkaian kegiatan di antaranya:

1) Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan: operasi katarak, pemeriksaan kesehatan dasar seperti gula darah, tekanan darah, kolesterol, asam urat serta donor darah.

2) Pemenuhan Hak Sipil: Pembuatan e-KTP Lanjut Usia, Pembuatan Akta Kelahiran, Pembuatan Kartu Keluarga, Isbat Nikah.

3) Bantuan Sosial: Bantuan permakanan bagi Lansia tunggal, Program Pemberdayaan Ekonomi Lansia, Program Sembako, Program Keluarga Harapan, Rumah Sejahtera Terpadu, Pemberian Bantuan Kursi Roda, Kacamata, tongkat dan walker, Pemberian bantuan sandang dan nutrisi.

Supomo berharap, pelayanan ini bisa menyentuh para lansia bahkan anak-anak yang juga memiliki gangguan pada mata.

“Kita berharap dengan pelayanan operasi katarak ini, banyak warga bisa ikut, juga anak-anak boleh ikut kalau memang membutuhkan dan ada gangguan di matanya agar warga tambah sehat,” pungkas Supomo.

HLUN diperingati pada tanggal 29 Mei setiap tahunnya. Peringatan HLUN merupakan upaya untuk mengangkat derajat lansia sebagai potensi bagi negara dan bukan sebagai beban. HLUN diharapkan mampu menjadi pengingat bahwa negara dan masyarakat Indonesia hadir memberikan perhatian kepada lanjut usia yang dalam beberapa kasus termarginalkan.

Mengambil tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”, acara puncak HLUN 2023 akan dilaksanakan di Kabupupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, 29 Mei 2023.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.