Beranda Frame AKI 2024 Diharapkan Mampu Tingkatkan Omzet Pelaku Ekraf di Danau Toba

AKI 2024 Diharapkan Mampu Tingkatkan Omzet Pelaku Ekraf di Danau Toba

BERBAGI
AKI 2024 Diharapkan Mampu Tingkatkan Omzet Pelaku Ekraf di Danau Toba

Toba, Haloindonesia.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka “Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024” yang berlangsung di Kaldera Resort, Danau Toba, Jumat (5/7/2024).

Ia berharap program unggulan Kemenparekraf ini bisa menjadi pemicu peningkatan omzet pelaku UMKM ekonomi kreatif (ekraf) di Destinasi Super Prioritas Danau Toba.

“Bismillahirohmanirohim, pameran AKI Danau Toba 2024 resmi kami buka. Semoga semua bisa meningkat secara kualitas dan bisa meningkat penjualannya, omzetnya juga meningkat. Sesuai dengan destinasi prioritas, ini produk-produknya juga memiliki kualitas dan bisa menembus pasar global,” kata Menparekraf Sandiaga.

Sejak 2021, kegiatan AKI telah berhasil menjadi wadah untuk saling berkolaborasi tidak hanya di antara peserta namun juga dengan berbagai pemangku kepentingan di bidang ekonomi kreatif.

Menparekraf menyebut melalui kegiatan ini peserta memiliki kesempatan untuk dipertemukan dengan potensial buyer bahkan investor sehingga diharapkan produk-produk yang dihasilkan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

“Selama tiga hari berlangsung, saya harap teman-teman menambah pengetahuan karena nanti ada bootcamp, ada juga yang akan berbagi pengalaman yang juga akan berikan selama kegiatan ini,” kata Menparekraf.

Menparekraf Sandiaga juga mendorong pemerintah daerah berkolaborasi dengan Badan Otorita Danau Toba (BODT) untuk memperbanyak event di Danau Toba.

“Jadi saya memberikan arahan kepada Pak Jimmy (Dirut BODT) agar lebih banyak event-event diadakan di sini sehingga masyarakat ke sini punya pengalaman yang berbeda. Karena menurut data, walaupun naik 10 kali lipat kunjungan ke Toba, tapi ke Kaldera ini harus kita tingkatkan, jangan sampai  ada kunjungan stuck di sini,” kata Menparekraf Sandiaga.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Jimmy Bernando Panjaitan; Direktur Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen Kementerian Pariwisata, Yuke Sri Rahayu.

Serta turut hadir, Bupati Kabupaten Toba, Poltak Sitorus; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toba, Rusti Hutapea: Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Samosir, Tetti Naibaho selaku; Kepala Dinas Koperindagkop Kabupaten Toba, Salomo Simanjuntak; Ketua Ekraf Kabupaten Toba, Trisna Pardede.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.