Beranda Daerah Balikpapan Raih Penghargaan Adipura Kencana Usai Berhasil Atasi Masalah Lingkungan

Balikpapan Raih Penghargaan Adipura Kencana Usai Berhasil Atasi Masalah Lingkungan

BERBAGI
Balikpapan Raih Penghargaan Adipura Kencana Usai Berhasil Atasi Masalah Lingkungan

Balikpapan, Haloindonesia.co.id – Kota Balikpapan menerima penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI atas prestasinya dalam penanganan isu masalah lingkungan.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, dalam acara yang diadakan di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Selasa (5/2/2024).

Penghargaan Adipura Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang berhasil dalam pengelolaan lingkungan.

Selain Balikpapan, terdapat empat kota dan kabupaten lainnya juga meraih penghargaan tersebut, termasuk Bontang, Bitung, Surabaya, dan Ciamis.

Menurut Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, penerimaan penghargaan Adipura Kencana sangatlah penting dan berarti, meskipun pada akhirnya hanya merupakan simbol. Lebih dari itu, yang terpenting adalah upaya untuk memelihara dan bertanggung jawab atas prestasi yang telah dicapai.

“Bukan hanya sekedar penghargaan, tapi tanggung jawabnya. Ini kan hanya lambang saja, tapi implementasi di lapangan. Apa yang kita dapatkan, ini bukan menjadi tolak ukur secara administrasi saja, tapi implementasinya yang perlu kita jalankan kepada Kota Balikpapan,” kata Rahmad, Selasa, (5/2/ 2024).

Penghargaan Adipura Kencana yang diterima oleh Kota Balikpapan merupakan penghargaan yang telah diterima berulang kali. Hal ini juga menjadi komitmen penting bagi pemerintah dan masyarakat Balikpapan untuk terus menjaga pencapaian prestasi Adipura Kencana.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas usaha dan prestasi pemerintah daerah dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di area perkotaan.

Dapat diketahui, penghargaan Adipura Kencana sebagai ungkapan apresiasi menjadi indikator bagi kabupaten/kota yang berhasil memberikan kontribusi positif dalam menjaga kebersihan, kesehatan, dan keberlanjutan lingkungan.

Hal ini menunjukkan suatu tekad nasional untuk mencapai standar yang tinggi dalam pengelolaan lingkungan kota demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

(HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.