Beranda Airport Bandara Datah Dawai Menjaga Rajutan Konektivitas Mahakam Ulu

Bandara Datah Dawai Menjaga Rajutan Konektivitas Mahakam Ulu

BERBAGI
Bandara Datah Dawai Menjaga Rajutan Konektivitas Mahakam Ulu

Mahakam Ulu, Haloindonesia.co.id – Sektor transportasi udara berpengaruh besar dalam menggerakkan roda perekonomian nasional. Untuk itulah pemerintah hadir melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan di wilayah-wilayah yang memiliki keterbatasan prasarana dan sarana transportasi guna membuka akses, mendorong pemerataan serta melayani kebutuhan masyarakat.

Bandar Udara Datah Dawai sebagai salah satu Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mempunyai peran dalam konektivitas di Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Konektivitas transportasi udara tentunya penting karena menjadi kunci utama pertumbuhan ekonomi dan pembangunan wilayah demi terwujudnya konektivitas nasional yaitu terhubungnya antar wilayah di seluruh nusantara.

Kepala Bandar Udara Datah Dawai Novrizal Mukhlis menyampaikan dalam mendukung konektivitas di Mahakam Ulu, kehadiran Bandara Datah Dawai memiliki keunggulan dalam efisiensi, baik waktu perjalanan dan biayanya jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya yang masih minim ketersediaannya.

“Masyarakat menggunakan transportasi udara dari dan ke Bandara Datah Dawai untuk berbagai keperluan, yaitu medis, pendidikan maupun distribusi sembako yang masih terbatas di kecamatan sekitar,” ujar Novrizal kepada Halo Indonesia.

Melayani Penerbangan Perintis

Saat ini Bandar Udara Datah Dawai melayani penerbangan perintis dengan periode 4 kali penerbangan dalam seminggu. Rute penerbangan perintis yang dilayani adalah rute Samarinda – Datah Dawai dan Datah Dawai – Melalan Melak.

“Pada tahun ini jumlah pengguna jasa angkutan udara mulai mengalami peningkatan, dimana load factor di atas 90 persen,” ujar Novrizal.

Novrizal melanjutkan, Bandar Udara Datah Dawai pada saat ini belum melayani penerbangan komersial sebab runway yang dapat digunakan masih sepanjang 865 x 23 meter. “Namun, ke depannya seiring dengan berjalannya waktu, peningkatan mutu pelayanan terus dilakukan,” tegasnya.

Menurut Novrizal, untuk meningkatkan mutu pelayanan perlu diiringi dengan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan melengkapi peralatan penunjang. Ke depannya kami telah merencanakan program untuk pengembangan terminal penumpang mengingat kondisi terminal saat ini perlu ditingkatkan seiring dengan kenaikan jumlah penumpang sehingga kami pun perlu memperhatikan level of service bagi penumpang dengan melakukan pengembangan fasilitas terminal,” ujarnya.

Menjaga Kolaborasi dan Sinergi

Novrizal mengungkapkan kolaborasi dan sinergi dengan regulator sangat diperlukan guna menjamin standar keselamatan, keamanan dan meningkatkan mutu pelayanan. “Kami terus berkoordinasi dan bersinergi dengan pimpinan dan para Inspektur Penerbangan di Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan maupun Direktorat Teknis selaku regulator untuk menghadirkan pelayanan prima bagi pengguna jasa bandara,” kata dia.

Bandar Udara Datah Dawai selama ini juga telah melakukan tindak lanjut hasil pengawasan keselamatan, keamanan dan pelayanan dari Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan dan Direktorat Teknis. “Menjalin komunikasi dan menjaga kekompakan menjadi hal yang penting sebab dalam menyelenggarakan penerbangan yang selamat, aman dan nyaman adalah tanggung jawab bersama, baik regulator maupun operator” ujarnya.

Ke depannya, dia menambahkan, ini menjadi tugas kami dalam meningkatkan fasilitas dan frekuensi penerbangan. “Kami terus mengupayakan melakukan pembenahan di tingkat kepatuhan terkait keselamatan, keamanan, dan peningkatan mutu pelayanan. Kami terus berkomitmen untuk memegang prinsip bekerja dengan produktif dan penuh tanggungjawab untuk melayani masyarakat,” pungkas Novrizal. (***)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.