Beranda Airport Bandara Tanjung Harapan Akan Wujudkan Harapan Masyarakat Tanjung Selor

Bandara Tanjung Harapan Akan Wujudkan Harapan Masyarakat Tanjung Selor

BERBAGI
Bandara Tanjung Harapan Akan Wujudkan Harapan Masyarakat Tanjung Selor

Tanjung Selor, Haloindonesia.co.id – Salah satu upaya dilakukan Bandara Tanjung Harapan dengan menggelar dan menghadirkan alunan musik tradisional Sape di Terminal penumpang. Di sisi lain, akan ada akuarium, yang nantinya memberikan kesegaran mata bagi para penumpang serta mengaktifkan kembali lounge di ruang tunggu keberangkatan agar penumpang semakin nyaman.

Kepala Bandara Tanjung Harapan Sofyan Palanro, mengatakan, peningkatan mutu pelayanan tidak terlepas dari kualitas sumber daya manusia (SDM) yang tersedia. “Untuk itu, kami melakukan berbagi pelatihan dan pendidikan dalam meningkatkan mutu SDM sesuai dengan kompetensi masig-masing karyawan, baik untuk tenaga honorer maupun PNS dengan mengikuti diklat-diklat yang diselenggarakan BPSDM Kemenhub,” jelas Sofyan, kepada Halo Indonesia, di Bandara Tanjung Harapan,  baru-baru ini.

Pengembangan Bandar Udara

Terkait pembangunan infrastruktur, Bandara Tanjung Harapan telah melakukan kordinasi dan komunikasi dengan pemerintah daerah maupun pusat. “Utamanya, terkait pembebasan lahan untuk pengembangan bandara Tanjung Harapan. Intinya kami saling membangun sinergitas antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk pengembangan bandara sesuai master plan,” kata dia.

Untuk pengembangan bandara, lanjut dia, akibat pandemi tidak ada geliat pembangunan di 2021 dan 2022. “Rencana kami akan mengusulkan pengembangan bandara, seperti pelapisan landas pacu, rehab terminal penumpang dan gedung operasional,” ujar dia.

Dari sisi lalu lintas udara, dia menambahkan, kami terus melakukan koordinasi dengan pihak maskapai dan bila ada kendala maka diskusikan dan komunikasikan untuk mencari solusinya. Saat ini, di Bandara Tanjung Harapan dilayani Wings Air untuk rute Tanjung Selor-Balikpapan.

“Rencana akan masuk Citilink  dengan rute yang sama. Sedangkan untuk rute perintis koordinator wilayah berada di Tarakan, jadi kami mengikuti program dari Tarakan, yaitu Tarakan-Tanjung Selor, Tanjung Selor-Malinau, Tanjung Selor-Long Bawan, dan Tanjung Selor-Wong Apung. Untuk jadwal penerbangan kami sedang menunggu dan biasanya tiga kali dalam seminggu,” jelas Sofyan.

Tingkatkan Penerbangan

Guna menarik penumpang, Bandara Tanjung Harapan terus berkoordinasi dengan pihak maskapai untuk memberikan program promosi agar pengguna jasa penerbangan kembali meningkat setelah sempat turun akibat imbas pandemi covid-19. “Kami sebagai pengelola bandara telah menyampaikan kepada maskapai untuk lebih aktif memanfaatkan media sosial untuk memberikan infromasi mengenai rute-rute baru yang di jadwalkan sejak Desember 2021,” kata dia.

Dia menyampaikan, kami terus menjaga koordinasi dari sisi pelayanan, dengan memenuhi standar pelayanan, standar keamanan dan keselamatan. Kekompakan sangat penting, karena suatu organisasi tidak dapat maju tanpa dukungan kekompakan tim.

“Ke depan, pengembangan Bandara Tanjung Harapan sebagai pintu gerbang Kaltara dapat berjalan sesuai master plan yang telah ditetapkan agar dapat melayani pesawat berbadan lebar dan memiliki konsep smart terminal untuk mendukung smart airport di Bandara Tanjung Harapan,” pungkas Sofyan. (***)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.