Beranda Berita Nasional Bertolak ke Sumbar, Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Banjir Lahar di Agam

Bertolak ke Sumbar, Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Banjir Lahar di Agam

BERBAGI
Bertolak ke Sumbar, Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Banjir Lahar di Agam

Lubuk Basung, Haloindonesia.co.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Jokowi meninjau langsung lokasi bencana banjir bandang dan lahar dingin di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada Selasa (21/5/2024).

Presiden Jokowi tiba di Desa Bukik Batabuah, daerah bencana, sekitar pukul 10.00 WIB dan langsung berjalan mengelilingi lokasi yang hampir rata dengan tanah akibat banjir lahar dingin dari Gunung Marapi pada (11/5/2024) lalu.

Di lokasi tersebut, Presiden Jokowi mengamati pengerjaan pembersihan puing-puing bangunan menggunakan beberapa alat berat dan meninjau Jembatan Bailey yang dibangun sebagai jembatan darurat. Selain itu, ia juga memeriksa pembangunan jalan dan jembatan darurat lainnya yang masih dalam proses.

“Penanganan bencana di Agam dan Tanah Datar sudah berjalan baik, dimulai sejak evakuasi korban dan penanganan pengungsi,” ungkap Presiden Jokowi dalam keterangan resmi.

Presiden Jokowi kemudian mengunjungi ratusan warga yang mengungsi di tenda-tenda yang didirikan di Lapangan Batu Taba, Agam. Presiden Jokowi memberikan bantuan langsung kepada warga yang terdampak, sementara Ibu Iriana turut menyapa para pengungsi di dalam tenda.

Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Plt Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana.

Hadir pula di lokasi bencana Gubernur Sumbar, Pangdam Bukit Barisan, Danrem 032, Dandim 0304, Kapolda Sumbar, Kapolresta Bukittinggi, dan beberapa kepala daerah di Sumbar.

(HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.