Beranda Frame BPSDM Kemendagri Tingkatkan Integritas dan Kompetensi Pengawas Pemerintahan Daerah

BPSDM Kemendagri Tingkatkan Integritas dan Kompetensi Pengawas Pemerintahan Daerah

BERBAGI
BPSDM Kemendagri Tingkatkan Integritas dan Kompetensi Pengawas Pemerintahan Daerah

Jakarta, Haloindonesia.co.idBadan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Pelatihan Orientasi Tugas Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah (PPUPD) Ahli Madya. Pelatihan ini berlangsung mulai tanggal 14 hingga 24 Juni 2023. Kegiatan ini bertujuan membangun integritas, moral, kejujuran, motivasi, nasionalisme, kebebasan, karakter kepribadian, serta pemahaman dasar tentang Jabatan Fungsional PPUPD Ahli Madya.

Mewakili Kepala BPSDM Kemendagri, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Teknis Anggar Pramudiani Widyaningtyas mengatakan, PPUPD memiliki tugas melaksanakan pengawasan atas penyelenggaraan teknis urusan pemerintahan daerah. PPUPD berperan penting dalam mengawasi urusan pemerintahan daerah, termasuk urusan konkuren dan tugas pembantuan yang didelegasikan pemerintah pusat melalui dekonsentrasi. Dengan tugas tersebut, dia berharap pejabat PPUPD memiliki pemahaman yang baik tentang peraturan-peraturan terkait keuangan negara dan tanggung jawab keuangan negara.

Lebih lanjut, Tyas mengatakan, Jabatan Fungsional Pengawas Pemerintahan memiliki tugas pokok dalam melaksanakan pengawasan atas penyelenggaraan teknis urusan pemerintahan daerah (konkuren). Hal itu sebagaimana diatur dalam PermenPAN RB Nomor 15 Tahun 2009 yang telah diubah melalui PermenPAN RB Nomor 36 Tahun 2020.

Tugas tersebut mencakup pengawasan pembinaan pelaksanaan urusan pemerintahan, pelaksanaan urusan pemerintahan, peraturan daerah dan peraturan kepala daerah, dekonsentrasi dan tugas pembantuan, pengawasan untuk tujuan tertentu, serta evaluasi penyelenggaraan teknis pemerintahan di daerah.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya dalam mendukung tugas mereka. Lebih dari sekadar mendapatkan output, peserta diharapkan mampu mencapai outcome yang lebih besar dengan mengimplementasikan pemahaman mereka dalam melaksanakan tugas.

Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), peserta juga diharapkan bisa meningkatkan kredibilitasnya agar dapat memberikan kontribusi yang lebih baik. Peserta diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan tersebut untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan untuk mendukung tugasnya masing-masing.

Sebagai informasi, pelatihan ini berlangsung secara blended learning, dengan rincian sesi non klasikal melalui Zoom Meeting pada tanggal 14 hingga 16 Juni 2023, dan sesi Klasikal di Hotel Arcadia by Horison Mangga Dua, Jakarta Utara, pada tanggal 19 hingga 24 Juni 2023.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.