Beranda Daerah Buka Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten 2024, Sekda Titipkan Pesan Ke Siswa-...

Buka Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten 2024, Sekda Titipkan Pesan Ke Siswa- Siswi dan Panitia

BERBAGI
Buka Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten 2024, Sekda Titipkan Pesan Ke Siswa- Siswi dan Panitia

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Sekretaris Daerah, Kabupaten Banyuasin, Sumsel. Ir. Erwin Ibrahim, ST. MM, Mba, IPU, Asean Eng. Secara resmi membuka Seleksi Calon Paskibraka tingkat Kabupaten Banyuasin, tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Diklat Pemerintah Kabupaten Banyuasin pada pukul 20.30 WIB. Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ir. Adam Ibrahim, yang mewakili Kodim 0430/Banyuasin adalah Danpos, Peltu Sunaryo.

Sementara itu, Kabid Wawasan Kebangsaan, Rahmat Al-Fajri, S. Sos. M. Si, dan perwakilan dari Kadinkes Kabupaten Banyuasin, Kabid Yankes, Suparsih, juga ikut serta dalam acara tersebut.

Kegiatan berjalan aman dan lancar dengan dilakukan Poto bersama Para Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Banyuasin, tahun 2024.

“Alhamdulillah kita semua mendapat kesempatan mengikuti Seleksi Calon pembukaan Peserta Paskibra Kabupaten Tahun 2024, Di tengah kehidupan masyarakat kita dewasa ini, penghayatan dan penghormatan terhadap Bendera semakin pudar dan menipis.”Kata, Ir. Erwin Ibrahim, ST. MM, Mba, IPU Asean Eng. Senin, 22/4/24.

Menurutnya, hal ini terlihat dari kurangnya penghargaan terhadap Bendera Merah Putih yang tidak sesuai dengan semangat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sebagai simbol Negara Republik Indonesia. Bendera Merah Putih seharusnya dihormati sebagai lambang nasional, namun sayangnya hanya dianggap sebagai dekorasi semata.

Penyebabnya adalah karena sebagian masyarakat kurang memahami signifikansi dan nilai Bendera Merah Putih sebagai simbol kebangsaan Indonesia yang diperjuangkan dengan pengorbanan air mata, darah, dan nyawa dalam perjuangan merebut serta mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya.

Menambahkan, diperlukan upaya pembinaan bagi semua elemen masyarakat dan komponen bangsa, terutama untuk memperkuat kembali Nation Character Building (pembangunan karakter bangsa) yang mulai terkikis di tengah masyarakat Indonesia. Tujuannya adalah agar semangat patriotisme dan idealisme, bersedia berkorban, serta sikap menghargai dan menghormati Bendera Merah Putih dapat tumbuh dan berkembang pada generasi muda Indonesia.

“salah satu wujud kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dimaksud adalah dengan menyelenggarakan Program Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Tingkat Kabupaten dan Nasional Tahun 2024, yang nanti mengemban tugas berat dan mulia pada upacara Pengibaran dan Penurunan Duplikat Bendera Pusaka dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus setiap tahunnya,” imbuhnya.

“Saya memandang bahwa kegiatan ini mempunyai arti dan peran yang sangat penting dalam upaya mendapatkan calon-calon PASKIBRAKA yang memiliki sikap bertanggung jawab, disiplin, rela berkorban, berdedikasi tinggi, serta memiliki akhlak mulia dan berkepribadian baik,” tambahnya.

Pesan dari dirinya adalah agar mengikuti seleksi ini dengan sungguh-sungguh, menunjukkan kemampuan terbaik yang dimiliki sebagai bukti bahwa para peserta merupakan siswa dan siswi terbaik di Kabupaten Banyuasin.

“Saya yakin dan percaya anak-anakku yang hadir di ruangan ini merupakan siswa dan siswi terbaik dari Kecamatan telah memiliki kriteria serta memenuhi persyaratan untuk mengikuti Seleksi Calon PASKIBRAKA tingkat Kabupaten 2024,” katanya.

Masih kata Pria Lulusan luar negeri dan kerja Persatuan Insinyur Indonesia(PII) cabang Banyuasin ini, Kegiatan PASKIBRAKA yang dilaksanakan setiap tahunnya janganlah dijadikan sebagai kegiatan rutinitas belaka, namun harus ada upaya peningkatan kualitas secara terus menerus, mulai dari persiapan, proses seleksi, pelatihan dan pelaksanaan kegiatan di lapangan.

Untuk itu, perlu kerja keras dan semangat kebersamaan dari seluruh pihak yang terlibat, dari Adik- adik Calon PASKIBRAKA, panitia, dan pelatih untuk mencapai tujuan yang kita inginkan bersama.

”Kepada Panitia dan Tim Seleksi, Saya minta dan tegaskan, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, serta dengan penuh tanggung jawab, ciptakan Team Work yang baik dari seluruh unsur yang terlibat,” pungkasnya.

(HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.