Beranda Indeks Celebes Travel Mart (CTM) 2017 Tampilkan Pesona Wisata Makassar

Celebes Travel Mart (CTM) 2017 Tampilkan Pesona Wisata Makassar

BERBAGI
Celebes Travel Mart (CTM) 2017 Tampilkan Pesona Wisata Makassar

Makassar, HaloIndonesia – Sulawesi masih menjadi pilihan wisata baik turis lokal maupun manca negara, keindahan alam menjadi daya tarik sendiri. Celebes Travel Mart (CTM) 2017 yang diadakan di Makassar mulai 21 hingga 24 November 2017 hadir menjawab kebutuhan wisata tersebut.

Celebes Travel Mart (CTM) 2017 adalah pameran wisata antar pengusaha (business to business) yang diselenggarakan di Sulawesi. Berbeda dengan CTM di tahun-tahun sebelumnya, di CTM 2017 ini akan menonjolkan seluruh destinasi wisata yang ada di Sulawesi.

“Setiap tahunnya kita ada perbedaan pada paket yang dibuat. Kalau tahun pertama perkenalan secara umum, di tahun kedua itu wisata bahari, tahun ketiga dataran tinggi. Di tahun keempat itu adalah Wonderful Celebes Island. Semua keindahan alam yang ada di Sulawesi menjadi jualan sesuai target market-nya,” ujar Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sulawesi Selatan, Didi Leonardo Manaba saat ditemui dalam acara Celebes Travel Mart 2017, di Grand Clarion Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (22/11).

Didi menjelaskan, acara ini berlangsung atas kerja sama diantaranya Asita, Kementerian Pariwisata, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan.

Dalam Celebes Travel Mart (CTM) 2017 keempat ini, Didi mengatakan akan benar-benar fokus dan realistis bahwa market ‘Makassar and Beyond’ potensinya cukup besar, terutama market dari Malaysia dan Singapura.

“Sementara kita membuka market baru dari China. Dari Makassar ini bisa ke semua akses. Kita memiliki banyak penerbangan, aksesibilitas ke daerah lain seperti ke Manado, Gorontalo, Wakatobi, dan Toraja yang akan dibuka penerbangan ke Palopo,” kata dia.

Kegiatan Famtrip awak media China ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (1/10/2017) untuk memperkenalkan wisata bawah laut Wakatobi dalam rangka menarik minat wisatawan China berwisata ke Wakatobi.

Kegiatan Famtrip awak media China ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (1/10/2017) untuk memperkenalkan wisata bawah laut Wakatobi dalam rangka menarik minat wisatawan China berwisata ke Wakatobi.(ARSIP KEMENPAR)
Selain itu, lanjut Didi, Makassar sebagai pintu masuk wilayah Indonesia Timur bisa menjadi salah satu keuntungan. Sehingga, tidak dapat diragukan lagi bahwa wisatawan dapat mengeksplor potensi wisata yang ada di Sulawesi.

“Semua yang ada di Sulawesi ini harus dijual. Kita main gate wilayah (Indonesia bagian) timur. Waktunya kita fokus menjual Sulawesi,” tambah Didi.

Adapun dalam acara tersebut, ada sekitar 75 pembeli dan penjual paket wisata yang ada di Sulawesi, baik itu hotel industri, travel, maupun destinasi dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan China. Paket wisata yang ditawarkan sendiri beragam, mulai dari wisata gunung, sejarah, budaya, hingga kuliner.

Didi menyebutkan beberapa obyek wisata unggulan di Sulawesi diantaranya Toraja, Wakatobi, Takabonerate, Bunaken, Spermonde Island Makassar, Karst Maros, Ramang-ramang, dan masih banyak obyek wisata lainnya.
Dengan demikian dari acara CTM 2017 ini, tambah Didi, akan dilihat dampaknya satu hingga dua tahun ke depan, dan berharap adanya kesinambungan antara pembeli dan penjual.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.