Beranda Daerah Desa Wisata Kelumang Sukses Raih Juara Pertama Kategori Daya Tarik Pengunjung

Desa Wisata Kelumang Sukses Raih Juara Pertama Kategori Daya Tarik Pengunjung

BERBAGI
Desa Wisata Kelumang Sukses Raih Juara Pertama Kategori Daya Tarik Pengunjung

OKU, Haloindonesia.co.id – Sebelumnya, Tim Penilai Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel Tahun 2023 melaksanakan Visitasi di Desa Kelumpang Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten OKU, Senin (10/7/2023). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka verifikasi lapangan karena Desa Wisata Kelumpang mewakili Kabupaten OKU dalam program Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023.

Kedatangan Tim Dewan Juri disambut oleh kelompok syarofal anam dan tarian khas Ulu Ogan, kemudian, bujang gadis Desa Kelumpang memberikan selendang sebagai tanda selamat datang.

Kepala Desa Kelumpang Arhadihak, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Dewan Juri penilaian ADWI 2023 tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan berharap untuk berusaha lebih baik bersama warga Desa Kelumpang.

Dia menjelaskan, daya tarik wisata berbasis alam yang ada di Desa Kelumpang ini adalah cerminan dari kehidupan keseharian warga Desa sebagai petani dan peternak yang dikembangkan menjadi paket wisata andalan Belanting River Tubing. “Belanting River Tubing ini merupakan salah satu produk wisata yang ada di Desa Wisata Kelumpang, Disini wisatawan akan berkeliling menyusuri sungai dan merasakan sensasi yang memacu adrenalin sambil menikmati pemandangan yang memberikan keindahan dan kesegaran mata untuk melihat pemandangan alam sekitar,” jelas Arhadihak.

Disamping itu juga ada paket wisata lainnya seperti outbond dan air terjun serta permainan tradisional yang merupakan kearifan lokal masyarakat Desa Kelumpang. Untuk ekonomi kreatif meliputi produk UMKM masyarakat lokal, antara lain kerajinan anyaman bambu, makanan dan minuman olahan seperti kopi ulu dan lemang yang menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa oleh wisatawan.

Desa Wisata Kelumpang juga memanfaatkan tehnologi digital seperti sosial media sebagai salah satu sarana promosi Desa Wisata, terdapat dua sosial media yang aktif digunakan yaitu Instagram dan Youtube.

Membangun Desa Wisata
Sementara Plt Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Feri Iswan, AP, M.PA., Menyampaikan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan atas kunjungan Dewan Juri ADWI 2023 Provinsi Sumsel dalam rangka verifikasi lapangan di Desa Wisata Kelumpang.

“Semoga ini menjadi momentum untuk meningkatkan semangat seluruh masyarakat Desa Kelumpang ini untuk terus membangun Desa Wisata sebagai salah satu usaha kita bersama dalam rangka mensejahterakan masyarakat,” kata Feri.
Sebelumnya, Tim Penilai Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel Tahun 2023 melaksanakan Visitasi di Desa Kelumpang Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten OKU, Senin (10/7/2023). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka verifikasi lapangan karena Desa Wisata Kelumpang mewakili Kabupaten OKU dalam program Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023.
Dikatakannya dengan nilai-nilai kearifan lokal diharapkan dapat menginspirasi kita semua untuk kemajuan pariwisata dan budaya di Kabupaten OKU. “Storytelling-nya sangat menarik bagi wisatawan yang akan berkunjung, ini sangat luar biasa semangatnya,” ujar Feri.

Feri menegaskan, bahwa juara bisa menjadi fokus, tetapi lebih dari itu adalah pasca kunjungan ini ada kegiatan yang menarik dan yang terpenting adalah bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten OKU. “Kami terus mendukung. Ini kolaborasi dari semua pihak. Ini menjadi sesuatu yang patut membanggakan untuk Kabupaten OKU,” kata dia.

Berbasis Kearifan Lokal
Ketua Dewan Juri Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023, menjelaskan untuk diketahui Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023 merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata, Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Sumsel sebagai Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Tujuan program ini agar menjadi daya bangkit bagi ekonomi Desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi Desa-Desa Wisata di Sumsel kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan Desa Wisata baru selanjutnya di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi Desa. Semangat Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023 ini mengedepankan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal Untuk menggaungkan Sumsel lebih luas lagi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif.
Sebelumnya, Tim Penilai Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel Tahun 2023 melaksanakan Visitasi di Desa Kelumpang Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten OKU, Senin (10/7/2023). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka verifikasi lapangan karena Desa Wisata Kelumpang mewakili Kabupaten OKU dalam program Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023.
Tim Dewan Juri juga berkesempatan meninjau lokasi pembuatan produk-produk souvenir dan kerajinan Desa Wisata Kelumpang serta menikmati sensasi wisata air Belanting River Tubing.

Hadir Acara, Tim Penilai ADWI 2023 Provinsi Sumsel, Plt Kadisparbud OKU beserta Jajaran, Kades beserta perangkat Desa, BPD, Pokdarwis, PKK Desa Kelumpang, Bumdes Kelumpang, Karang Taruna, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta Undangan Lainnya.

Raih Juara Pertama
Secara terpisah, Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU menghadiri Acara Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumatera Selatan Tahun 2023 di Ballroom Hotel Arya Duta Palembang, Rabu (9/8/2023). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel yang berkerjasama dengan Media Harian Sumatera Ekpress (Sumeks) dalam rangka meningkatkan potensi wisata yang dimiliki oleh setiap Desa yang ada di Sumatera Selatan.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru menyerahkan langsung penghargaan atas prestasi yang diraih oleh Desa Kelumpang Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten OKU yang telah berhasil meraih Juara Pertama Kategori Daya Tarik Pengunjung dalam acara Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel Tahun 2023.

Turut hadir dalam acara ini adalah Forkopimda Sumsel, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel dan Bupati/Walikota Se-Sumsel. Dari Pemerintah Kabupaten OKU, Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah diwakili Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Alfarizi, S.E.,Ak., M.Pd dan Sekretaris Disparbud OKU Feri Iswan, AP., M.PA serta Kabid Destinasi serta Kasi Pengembangan Pariwisata dan perwakilan Desa Wisata Kelumpang.
Desa Wisata Kelumang Sukses Raih Juara Pertama Kategori Daya Tarik Pengunjung
Gubernur Sumsel Herman dalam sambutannya menegaskan bahwa Desa Wisata yang telah berhasil masuk nominasi serta yang berhasil menjadi juara, harus dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dengan mengkolaborasikan wisata alam dan wisata kreasi serta mengangkat kembali mitos atau legenda rakyat yang dimiliki. “Kegiatan ini merupakan edukasi terhadap Desa yang memiliki potensi wisata agar dapat berbenah menjadi Desa Wisata yang lebih baik lagi,” tutur Herman.

Selain itu, Herman juga mengharapkan melalui ajang penghargaan ini dapat meningkatkan keindahan bagi Desa yang memiliki potensi wisata untuk dapat lebih menggali keunggulan dan menemukan foemula yang lebih memajukan Desa nya sehingga kedepannya menjadi percontohan untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi Nasional yang mendorong kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, General Manager Sumeks Group, Hj. Nurseri Marwah melaporkan bahwa ada 38 Desa dari 17 kab/kota yang menjadi peserta pada kegiatan lomba tersebut. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan lomba tersebut dilaksanakan dengan 4 kategori yaitu Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Kriya, dan Kelembagaan.

Dalam kesempatan ini Desa Wisata Kelumpang dengan wisata andalannya Belanting Rivertubing meraih Juara Pertama Kategori Daya Tarik Pengunjung dalam ajang Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumsel Tahun 2023.

Disela acara, Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Alfarizi, SE, Ak, M.Pd., mengatakan Desa Wisata Kelumpang memiliki potensi wisata dengan daya tarik pengunjung tersendiri. Hal ini disebabkan potensi wisata yang ada dikelola dengan baik, seperti wisata Belanting River Tubing, pengelolaan hasil kebun berupa kopi serta kerajinan UMKM dan Kebudayaan tradisional yang tetap dilestarikan.

Selamat dan Sukses untuk Desa Wisata Kelumpang atas keberhasilannya meraih penghargaan Juara pertama Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel tahun 2023 hal ini sebagai Simbol Kebangkitan Pariwisata Kabupaten OKU. (***)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.