Beranda Frame Dukung Kemajuan UMKM, KAI Hadirkan UMKM Fest on Train

Dukung Kemajuan UMKM, KAI Hadirkan UMKM Fest on Train

BERBAGI
Dukung Kemajuan UMKM, KAI Hadirkan UMKM Fest on Train

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Sebagai wujud nyata dukungan terhadap pembangunan ekonomi rakyat, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan KAI Services menyelenggarakan UMKM Fest on Train 2023, dimana produk-produk UMKM binaan KAI turut dijajakan di kereta makan/restorasi kereta api pada 17-21 Mei 2023. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei.

“KAI terus mendorong sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui berbagai aktivitas promosi yang dapat membuka target pasar baru. UMKM Fest on Train 2023 merupakan salah satu upaya yang KAI lakukan dalam memasarkan produk UMKM binaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” kata EVP of Corporate Secretary Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Produk-produk yang dijajakan pada UMKM Fest on Train 2023 merupakan olahan makanan ringan yang digemari oleh masyarakat seperti odeng, ciomy, tekwan, makaroni, basreng, seroja peyek, serta slondok dan puyur. Pada tahap awal, UMKM Fest on Train dilaksanakan di KA Argo Wilis relasi Bandung – Surabaya Gubeng pp, KA Lodaya relasi Bandung – Solo Balapan pp, KA Gumarang relasi Pasar Senen – Surabaya Pasarturi, dan KA Brawijaya relasi Gambir – Malang pp.

Dengan adanya UMKM Fest on Train 2023, pelanggan memiliki pilihan makanan yang lebih banyak di samping sajian-sajian lainnya yang telah disediakan oleh KAI Services. Pelanggan juga semakin dimudahkan untuk memesan produk-produk UMKM ataupun hidangan lainnya di restorasi melalaui laman lokomart.id atau aplikasi KAI Access, selain bisa juga membeli langsung di atas kereta api.

Saat ini, total terdapat 769 mitra binaan aktif KAI yang tersebar di seluruh daerah operasional Jawa dan Sumatera. Berbagai dukungan pemasaran bagi UMKM binaan dilakukan dalam bentuk penyediaan Teras UMK di stasiun, etalase UMKM di stasiun, e-katalog UMKM di kereta api, serta mengikutsertakan mitra binaan pada pameran-pameran.

Pada tahun 2023 ini, KAI memprogramkan penyaluran dana sebesar Rp8,5 miliar bagi UMKM binaannya. UMKM tersebut meliputi sektor Industri, jasa, perdagangan, perikanan, pertanian, peternakan, dan lainnya. Selain memberikan pembiayaan modal usaha, KAI juga memfasilitasi pelatihan dan sertifikasi bagi UMK binaannya.

“Melalui hadirnya UMKM Fest on Train 2023, diharapkan KAI turut berkontribusi terhadap bangkitnya perekonomian UMKM dengan memperkenalkan produk UMKM binaan KAI kepada pasar yang lebih luas,” tutup Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.