Beranda Frame Dukung Lansia Produktif dan Bahagia, Kemensos Hadirkan Taman Lansia di Koto Besar

Dukung Lansia Produktif dan Bahagia, Kemensos Hadirkan Taman Lansia di Koto Besar

BERBAGI
Dukung Lansia Produktif dan Bahagia, Kemensos Hadirkan Taman Lansia di Koto Besar

Dharmasraya, Haloindonesia.co.id — Usia senja tidak menjadi penghalang seseorang untuk terus produktif dan bahagia. Selain dukungan keluarga, faktor lingkungan juga berperan penting mendukung produktivitas dan kebahagiaan lansia. Untuk memberikan dukungan terhadap para lansia, Kementerian Sosial RI membangun 1 Taman Lansia di Kecamatan Koto Besar.

Pembangunan taman lansia diinisiasi Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Non Alam (PSKBSNA) dalam rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023 di Kabupaten Dharmasraya.

Taman Lansia yang ada di Nagari Koto Besar ini, merupakan Taman Lansia pertama yang ada di Prov. Sumatera Barat. Taman ini difungsikan untuk memberikan ruang ramah lansia yang bisa digunakan untuk hiburan dan relaksasi bagi para lansia, terutama di sekitar wilayah Koto Besar.

“Ini mungkin saya tau baru di sini ada Taman Lansia di Sumbar, mungkin kalo kota – kota besar seperti Jakarta, Bandung mungkin sudah ada Taman Lansia,” kata Helfarianto Koordinator Pelopor Perdamaian Prov. Sumatera Barat.

Pembangunan Taman Lansia Koto Besar dimulai sejak tanggal 10 Mei 2023. Melibatkan 15 Pelopor Perdamaian, 15 Tagana, Forum Keserasian Sosial, dan masyarakat sekitar dalam pengerjaannya. Fasilitas di taman ini dibuat agar ramah dikunjungi tidak hanya oleh lansia, tetapi juga anak – anak. Terdapat pendopo, area pijakan refleksi, kolam terapi ikan, dan juga ayunan untuk anak – anak.

Di wilayah Koto Besar, rutin diadakan senam lansia yang diselenggarakan di Puskesmas. Namun sekarang rencananya senam lansia akan dipindahkan ke taman lansia agar menjadi daya tarik di taman tersebut.

“Sekarang dengan ada Taman Lansia, ibu – ibu lansia bisa dibawa ke sini, sambil habis senam mereka juga bisa refleksi, ada tempat berjalannya dan juga kolam ikannya utk refleksi kaki. Mungkin itu lebih tepat karena dibangunnya ini, senam yang awalnya di puskesmas bisa dipindahkan ke sini, dibangun yang lebih representatif lah, dengan adanya taman lansia,” ungkap Helfarianto.

Tidak hanya untuk hiburan dan relaksasi, Taman Lansia ini juga dimanfaatkan untuk mengembangkan produktivitas lansia melalui kebun hidroponik. Kebun hidroponik akan digarap oleh para lansia, yang dikoordinir oleh Forum Keserasian Sosial setempat. Hasil dari tanaman hidroponik, selain untuk pemenuhan nutrisi lansia di sekitar Koto Besar, juga akan dikembangkan menjadi pemberdayaan ekonomi bagi para lansia.

Camat Koto Besar Fauzi Aries mengungkapkan rasa syukur atas dukungan pemerintah melalui Kemensos, bagi para lansia yang ada di wilayah Kec. Koto Besar.

“Alhamdulillah ada satu kegiatan dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional ini yang mana Kec. Koto Besar ditunjuk oleh Pemerintah Kab. Dharmasraya membangun Taman Lansia ini yang berada di Nagari Koto Besar. Kita akan support agar tetap terus berkelanjutan. Alhamdulillah bersyukur sekali dapat bantuan dari Kemensos. Tentu, sangat rugi sekali apabila ini tidak dapat kita manfaatkan oleh warga kami khususnya warga lansia tadi ,” ucap Fauzi.

Dahlan (54) salah satu lansia di Koto Besar mengatakan bahwa, dirinya akan memanfaatkan Taman Lansia untuk mengisi waktu luangnya saat sore hari setelah bekerja memotong karet di pagi harinya.

“Bagus lah, bisa kalau luang sore,” ucap Dahlan.

Diharapkan pembangunan Taman Lansia ini dapat menjadi contoh bagi daerah – daerah lain, untuk menciptakan ruang terbuka yang ramah lansia dan juga dapat mendukung pengembangan ekonomi lansia sehingga dapat produktif dan bahagia.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.