Beranda Airport Dukungan Pemda dan Masyarakat Pada Bandara Enarotali

Dukungan Pemda dan Masyarakat Pada Bandara Enarotali

BERBAGI
Dukungan Pemda dan Masyarakat Pada Bandara Enarotali

Paniai, Haloindonesia.co.idBandara Enarotali banyak mendapat dukungan dari pemerintahan daerah dalam hal ini Bupati Pania, yang berprofesi sebagai pilot aktif, yaitu Capt Meki Nawipa. “Dengan background seorang pilot, kami semakin nyambung dalam berdiskusi dan berkomunikasi untuk pengembangan Bandara Enarotali ke depan agar lebih baik lagi,” kata dia.

Menurut pria yang memutuskan berkarir menjadi PNS di Kementerian Perhubungan pada 2001, masyarakat setempat sangat mendukung dan antusias dengan keberadaan Bandara Enarotali sebab sangat membantu masyarakat dalam mobilitas atau pergerakan untuk perjalan dinas, logistik, pelayanan masyarakat, seperti kesehatan dan pendidikan maupun pelayanan gereja. “Jika menggunakan perjalan darat dari Nabire ke Enarotali ditempuh dalam waktu 6-8 jam. Dan dengan menggunakan penerbangan udara hanya sekitar 30 menit,” ujar pria yang mengawali karir PNS sebagai petugas ATC Bandara Nabire.

Alex menambahkan, keberadaan Bandara Enarotali sangat mendukung pergerakan ekonomi masyarakat sekitar, seperti mengangkut hasil perkebunan kopi. “Pergerakan barang dari Enarotali dan beberapa spot di pedalaman lebih efisien dan lancar dengan menggunakan pesawat,” kata pria yang pernah menduduki posisi Kepala Bandara Kebar di Papua Barat, sejak 2015 hingga 2019.

Dalam pengembangan Bandara Enarotali, menurut Alex, mendapat tantangan dari sisi posisi bandara yang berada berada ditengah kota yang membelah dua kampung di Distrik Paniai Timur sehingga ramai dengan pergerakan orang. “Jadi untuk pengembangan ke depan, pemerintah daerah harus dapat membangun jalan keliling sebagai solusi untuk mengurangi orang melintas di Bandara Enarotali. Harapan ke depan, Bandara Enarotali dapat memperpanjang runway menjadi 1.400 x 30 meter agar dapat didarati ATR 42” ucap Alex.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.