Beranda Education Siap Bersaing Dalam Dunia Kerja, Lulusan BPSDMP Dibekali Kompetensi Sesuai Standar Internasional

Siap Bersaing Dalam Dunia Kerja, Lulusan BPSDMP Dibekali Kompetensi Sesuai Standar Internasional

BERBAGI
Siap Bersaing Dalam Dunia Kerja, Lulusan BPSDMP Dibekali Kompetensi Sesuai Standar Internasional
Surabaya, haloindonesia.co.id – Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), M. Popik Montanasyah mewisuda secara langsung 302 wisudawan lulusan program studi Diploma 3 Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya, dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 pada tatanan normal baru di lapangan Perwira Dirgantara Poltekbang Surabaya.
Di masa pandemi Covid-19 ini industri penerbangan Indonesia yang sebelumnya mengalami mengalami peningkatan jumlah armada yang cukup signifikan, kini menghadapi tantangan yang cukup besar, untuk dapat menghadapi tantangan ini penyedia jasa penerbangan perlu untuk memberikan inovasi baru dan pelayanan prima, serta perlu didukung oleh SDM yang kompeten di dunia penerbangan.
“BPSDM Perhubungan memiliki sekolah vokasi yang tersebar dari Aceh sampai dengan Papua, salah satunya adalah Poltekbang Surabaya yang terus berupaya menghasilkan lulusan dengan kompetensi unggul, prima, profesional, serta memenuhi standar yang ditetapkan oleh Internasional Civil Aviation Organization (ICAO)”, ungkap Popik.
Popik mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pada salah satu sekolah matra udara di lingkungan Kementerian Perhubungan, kepada para keluaraga wisudawan Sekretaris BPSDMP juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaanya kepada Poltekbang Surabaya untuk mendidik putra dan putrinya.
“Dengan kondisi dunia yang terus mengalami perubahan terlebih di saat pandemi seperti sekarang ini, saya berharap pendidikan yang telah didapatkan selama menempuh pendidikan di Poltekbang Surabaya ini dapat dijadikan modal dasar untuk terus menerus mengembangkan kemampuan diri menuju jenjang yang lebih tinggi “, ucap Popik.
Siap Bersaing Dalam Dunia Kerja, Lulusan BPSDMP Dibekali Kompetensi Sesuai Standar Internasional
Sesuai amanat Menteri Perhubungan RI, Bapak Budi Karya Sumadi bahwa lembaga diklat transportasi di lingkungan BPSDM Perhubungan perlu menerapkan program peningkatan kompetensi Bahasa Inggris dan Teknologi Informasi bagi para lulusannya, dengan tujuan agar para lulusan dapat bersaing dengan lulusan lain dari luar negeri dan mendapat kesempatan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan penerbangan internasional.
“Untuk itu saya berpesan kepada para wisudawan agar bisa selalu motivasi diri kalian untuk berlomba-lomba menjadi insan transportasi yang selalu menjunjung tinggi nama bangsa, serta terus meningkatkan kompetensi serta menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk meningkatkan daya saing SDM Indonesia dengan negara lain”, kata Popik.
Selanjutnya, Ia mengajak semua pihak untuk bekerja sama dengan pendekatan Quadruple Helix yaitu dengan kerja sama antara pemerintah, industri, masyarakat, dan lembaga pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dan langsung langsung diserap oleh pasar.
“Harapan kami, industri dapat menyampaikan kebutuhannya baik kuantitas maupun jenis kompetensi yang dibutuhkan, sehingga BPSDM Perhubungan dapat mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan sekolah-sekolah guna memenuhi kebutuhan SDM dimaksud sehingga tercipta link and match”, tambah Popik.
Selain itu, Popik juga berpesan kepada para wisudawan agar dapat menjadi agen perubahan di bidang transportasi khususnya di bidang transportasi udara dengan bekerja keras, jujur dan disiplin. Serta mengapresiasi dedikasi Poltekbang Surabaya yang telah mendidik para wisudawan sehingga dapat lulus menjadi Perwira Transportasi yang kompeten dan unggul.
Pada upacara wisuda, Direktur Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya, Achmad Setiyo Prabowo, menyampaikan laporan bahwa yudisium telah dilaksanakan pada hari Jumat (4/9).
Dalam laporannya, Achmad menyampaikan bahwa total jumlah lulusan Poltekbang Surabaya yang diwisuda hari ini 302 wisudawan yang berasal dari Program Studi D3 Teknik Listrik Bandar Udara 45 wisudawan, Program Studi D3 Teknik Navigasi Udara 49 wisudawan, Program Studi D3 Lalu Lintas Udara 23 wisudawan, Program Studi D3 Teknik Pesawat Udara 69 wisudawan, Program Studi D3 Manajemen Transportasi Udara 47 wisudawan, Program Studi D3 Komunikasi Penerbangan 46 wisudawan, dan Program Studi D3 Teknik Bangunan dan Landasan 24 wisudawan.
Hadir dalam upacara wisuda tersebut, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Heri Sudarmadji dan para Direktur Politeknik di lingkungan BPSDMP yang berada di wilayah sekitar Surabaya.
Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.