Beranda Education BPSDM Perhubungan Siapkan SDM Transportasi Laut Yang Adaptif Dan Kompetitif Di Kancah...

BPSDM Perhubungan Siapkan SDM Transportasi Laut Yang Adaptif Dan Kompetitif Di Kancah Internasional

BERBAGI
BPSDM Perhubungan Siapkan SDM Transportasi Laut Yang Adaptif Dan Kompetitif Di Kancah Internasional
Padang, Haloindonesia.co.id – Sesuai dengan Standards of Training, Certification and Watchkeeping (STCW) Amandemen Manila Tahun 2010, lembaga pendidikan haruslah memiliki mutu yang baik dan mampu mencetak lulusan yang kompeten sehingga dapat menjadi pelaut yang handal dan berdaya saing di dunia Internasional. Untuk itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Politeknik Sumatera Barat (Poltekpel) Sumbar terus berbenah untuk meningkatkan kualitas lembaga diklatnya agar dapat menghasilkan SDM transportasi laut yang andal, kompeten dan profesional.
Hal tersebut disampaikan Kepala BPSDMP, Sugihardjo, saat memimpin upacara Wisuda Perwira Pelayaran Niaga angkatan II dan Perwira Siswa Diklat Pelaut Tingkat III Peningkatan Nautika angkatan IV Poltekpel Sumbar pada hari Sabtu (14/11). Ia mengatakan bahwa dalam rangka menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, BPSDMP terus berusaha untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidikan dan kependidikan, pelayanan, serta melengkapi sarana dan prasarana guna membangun SDM yang berkarakter dan kompeten.
Hal ini sejalan dengan tema pada upacara wisuda, yaitu “Menuju Indonesia Maju dan Kompetitif di Kancah Internasional” yang diselenggarakan di kampus Poltekpel Sumbar dengan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 pada tatanan normal baru secara disiplin.
Sugihardjo menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pada salah satu sekolah matra laut di lingkungan Kementerian Perhubungan, serta kepada para keluarga wisudawan atas kepercayaannya untuk mendidik putra dan putrinya di Poltekpel Sumbar.
“Selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan masa pendidikan. Saya berharap pendidikan yang telah ditempuh dapat dijadikan modal dasar untuk terus menerus mengembangkan kemampuan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu beradaptasi terhadap konvensi Internasional yang terus berubah”, ungkap Sugihardjo.
Ia juga menyampaikan pesan Bapak Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam beberapa kesempatan, agar BPSDMP menjadi Lembaga pendidikan yang mampu beradaptasi dengan kondisi pandemi termasuk kebiasaan-kebiasaan baru dengan melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan melalui kerja sama dengan lembaga-lembaga lain baik berskala nasional maupun internasional.
Lebih lanjut, Sugihardjo menyampaikan bahwa di era 4.0 saat ini Pemerintah mendorong untuk melaksanakan peningkatan Sumber Daya Manusia yang menitik beratan pada 3 (tiga) hal, yaitu pembangunan karakter positif, peningkatan akses dan kualitas pendidikan serta mendorong link and match antara pendidikan vokasi dengan industri.
“Saudara harus mampu menjadi SDM transportasi yang profesional dengan terus beradaptasi dengan kemajuan IPTEK, saudara juga diharapkan dapat memenuhi harapan masyarakat pengguna jasa transportasi yaitu tersedianya pelayanan transportasi yang selamat, aman, dan nyaman”, tambah Sugihardjo.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Poltekpel Sumater Barat, Capt. M. Abduh, mengungkapkan bahwa Wisuda kali ini diikuti sebanyak 107 Perwira lulusan Diklat Pelaut III Pembentukan Kompetensi Jurusan Nautika dan Teknika, dan 24 Perwira lulusan Diklat Pelaut III Peningkatan Kompetensi.
“Selain mendapatkan pembelajaran teori maupun praktek di kampus, mereka diwajibkan untuk melaksanakan praktek kerja di kapal yang disebut Prala (Praktek Laut).” Pungkas Abduh.
Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.