Beranda Food & Resto Ramuan Rempah Khas Panggang Geleng Sibolga

Ramuan Rempah Khas Panggang Geleng Sibolga

BERBAGI
Ramuan Rempah Khas Panggang Geleng Sibolga halo indonesia

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Terkenal dengan panggang geleng, panggang pacak, gulai ikan sale, sambal terik, arsik, dan sayur daun ubi tumbuk. Rumah makan Sibolga membawa cita rasa santapan khas Mandailing Pesisir.umah makan ini sudah ada sejak tahun 1988. Pemiliknya Abdul Latif Sinaga (73), perantauan asal Kabupaten Sibolga, Sumatra Utara. Nasrul adalah salah seorang putranya, yang juga dipersiapkan Abdul Latif sebagai generasi penerus rumah makan tersebut.

Saat makan siang rumah makan ini dikerubungi oleh pembeli. Sebagian besar penikmatnya adalah kalangan menengah atas, biasanya para pejabat teras kota Medan, pebisnis, dan warga luar kota yang sedang plesiran ke kota Medan.

Dalam satu hari pihaknya membutuhkan sekitar 30 hingga 40 kg beras yang disiapkan untuk nasi. Tak dapat dipungkiri, dalam bisnis makanan yang paling penting adalah mampu menyajikan makanan yang cocok di lidah. Agar sajian bisa cocok di lidah,melibatkan penggunaan komposisi bumbu yang pas, terutama garam. Jika garam sudah pas, maka, makanan pun akan enak dengan sendirinya.

Sibolga adalah sebuah wilayah yang dikelilingi laut. Pengaruh geografis ini tentu saja berperan besar dalam membentuk makanan yang dikonsumsi warganya. Sibolga adalah  kota penghasil ikan, gembung kuring sangat banyak di sana. Warganya pun menjadi begitu terlatih dalam memperlakukan ikan hasil tangkapan.

Seperti panggang geleng misalnya. Itu adalah salah satu menu khas masyarakat dahulu yang selalu disiapkan di rumah untuk makanan keluarga, tapi sekarang ini banyak warga yang sudah sulit membuatnya. Selain itu juga ada ikan pepes juga khas di tempat ini. Pepes dari bahan jenis ikan teri segar atau gembung kecil.

Bumbu yang digunakan antara lain cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan kelapa yang sudah digiling. Bumbu yang diaduk bersama ikan, selanjutnya dibungkus dalam daun pisang, baru kemudian dipanggang di atas arang.Begitu ikan pepes dibuka, aromanya langsung menyerang. Wangi ikan berpadu dengan daun pisang benar-benar mampu menggigit selera.

Gulai ikan sale juga terkenal di tempat ini. Ikan sale adalah belut sawah yang diproses dengan cara diasap. Dimasak dengan santan dan diberi tambahan terung telunjuk. Rasanya pun gurih, yang ditimbulkan dari ikan sale dan terung terasa sangant nikmat menjadi santapan dengan menu daun ubi tumbuk.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.