Beranda Frame Enam Spot Wisata Alam yang Wjaib Dikunjungi di Lampung

Enam Spot Wisata Alam yang Wjaib Dikunjungi di Lampung

BERBAGI
Enam Spot Wisata Alam yang Wjaib Dikunjungi di Lampung halo indonesia

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Keindahan alam di tanah Lampung tentu sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari pegunungan hingga laut yang cantik siap mengisi aktivitas liburan Anda selama berlibur di kota Lampung. Libur Lebaran tentu menjadi momen yang tepat untuk Anda dan keluarga Anda untuk berjelajah dan berpetualangan. Tentunya Lampung bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata untuk mengisi liburan akhir tahun Anda. Banyak sekali spot wisata yang bisa Anda sambangi di kota ini.

Berikut Halo Indonesia himpun 7 obyek wisata wisata favorit yang bisa sambangi saat menikmati libur Lebaran:

  1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas Taman Nasional Way Kambas (TNWK) merupakan Taman Nasional tertua di Indonesia. Taman Nasional ini terletak di ujung selatan Sumatera atau 110 km dari Bandar Lampung. Di tempat ini, dikenal sebagai salah satu lokasi konservasi gajah dan tempat pelatihan gajah. Anda akan menemui kurang lebih 200 gajah Sumatera yang berkeliaran.

  1. Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau ini menyimpan potensi keindahan alam yang menakjubkan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai trekking dari tepi pantai menuju ke Gunung Krakatau melewati hutan. Saat Anda trekking melewati hutan, Anda akan melihat keindahan hutan dengan latar pemandangan Gunung Anak Krakatau.

Untuk bisa mencapai Gunung Anak Krakatau, Anda bisa menggunakan transportasi laut, seperti speed boat atau kapal kayu nelayan dari Kalianda (Lampung Selatan) atau Anyer (Banten). Anda akan menempuh perjalanan selama 1,5 jam jika ombak relatif lebih kecil.

  1. Teluk Kiluan

Tersembunyi di ujung Pulau Sumatera, sekitar 80 kilometer dari Kota Bandar Lampung, Teluk Kiluan kini menjadi spot destinasi yang diincar para wisatawan. Mirip seperti Pantai Lovina di Bali, Teluk Kiluan juga menyajikan atraksi lumba-lumba yang melompat di perairan  terbuka Teluk Kiluan. Lumba-lumba yang akan menghampiri kapal Anda adalah lumba-luma jenis hidung botol (Tursiops aduncus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris).

Untuk bisa menemui lumba-lumba ini harus berangkal pukul 06.00 dengan kapal ketinting. Lama perjalanan menuju tengah laut sekitar 1 jam. Nah, jika sudah ke tengah laut siap-siaplah untuk dapat kejutan siapa tahu lumba-lumba ini muncul berenang di samping kapal ketinting Anda.

  1. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia terkenal di kalangan wisatawan asing karena spot selancar. Pantai ini ibarat tempat rahasia yang menawan. Banyak sekali titik selancar yang menarik dan menantang.   Berbagai aktivitas seru bisa Anda lakukan. Selain berselancar, Anda juga bisa berenang, menyelam, berperahu, berlayar, snorkeling, memancing, berjemur matahari, menyusuri pantai, mengumpulkan karang dan berfoto.

Di sekitar lokasi juga tersedia beberapa cottage sehingga para wisatawan tak kesulitan untuk mencari tempat menginap. Untuk menjangkau lokasi, Anda bisa menempuh perjalanan darat dari Bandar Lampung sejauh 273 km dan dari Liwa berjarak 52 km.

  1. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan merupakan salah satu tempat konservasi baik untuk hutan hujan tropis maupun satwa-satwa liat yang berhabitat di TNBBS. DI taman yang membentang seluas 356.800 hektar, Anda bisa menemui berbagai satwa paling langka dan kharismatik yaitu badak, gajah, dan harimau sumatera. Ada juga beberapa spesies tanaman langka seperti Rafflesia Arnoldi. (Baca juga : Menanti Padma Mekar di Bukit Barisan Selatan) Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Letaknya adalah di perbatasan antara Sumatera Selatan dan Lampung.

  1. Danau Ranau

Danau Ranau menjadi salah satu obyek wisata favorit yang dihadirkan di Lampung. Tempat ini terkenal karena pemandangan yang menghampar luas. Saat mampir ke lokasi ini, terlihat Gunung Seminung yang menghiasi latar belakang pemandangan di Danau Ranau.   Di sana juga tersedia kolam pemandian air panas. Anda bisa berendam air panas sambil menikmati pemandangan Gunung Seminung yang cantik. Tak ketinggalan, berbagai fasilitas sepeti kios makanan juga tersedia untuk memudahkan Anda.

Rencana perjalanan atau itinerary yang baik akan sangat menentukan liburan kamu, tidak terkecuali di Lampung. Pastikan kamu sudah mencari tahu perihal tempat wisata di Lampung yang ingin didatangi sebelumnya. Kamu juga tidak boleh lupa untuk mencari tahu estimasi waktu dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain di Lampung juga perlu diperhitungkan untuk perkiraan waktu dalam membuat itinerary.

Mayoritas traveler yang ingin liburan ke Lampung biasanya menaiki kapal ferry dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni. Umumnya perjalanan ke Lampung dengan ferry memakan waktu hingga tiga jam. Bagi yang tidak biasa naik kapal, ada kemungkinan bisa mabuk laut dan muntah. Solusinya adalah dengan membawa dan minum obat mabuk sebelum memulai perjalanan dengan kapal.

Banyaknya pulau indah seperti Pahawang, Kelagian, Maitem, hingga Krakatau, merupakan beberapa destinasi favorit traveler di Lampung. Sebelum seru-seruan main air di Lampung, pastikan kamu tidak lupa membawa sunblock. Jangan sampai gara-gara keasyikan main air, kulit kamu jadi terbakar. Pakai sunblock dulu sebelumnya.

Bagi kamu traveler tipe backpacker yang seringkali mengandalkan kendaraan umum saat traveling, mungkin perlu untuk mencari kontak sewa kendaaraan di Lampung. Alasannya, kendaraan umum cukup sukar ditemui di daerah-daerah tertentu di Lampung kecuali di pusat kota.

Lampung punya banyak pulau dan pantai indah yang menarik untuk dijelajahi. Tapi tentunya semua keindahan itu akan sedikit sia-sia apabila tidak diabadikan dengan kamera. Untuk itu kamu perlu kamera underwater untuk dokumentasi.Mungkin kamu bisa membawa kamera khusus bawah air atau membawa chasing underwater untuk kamera atau handphone. Satu yang pasti, keindahan terumbu karang di Lampung sangat mempesona untuk diabadikan

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.