Beranda Frame Menjelajahi Empat Ikon Sejarah dan Budaya di Turki

Menjelajahi Empat Ikon Sejarah dan Budaya di Turki

BERBAGI
Menjelajahi Empat Ikon Sejarah dan Budaya di Turki halo indonesia

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Turki adalah salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Karena letaknya diantara dua benua, yakni Benua Asia dan benua Eropa, tak heran jika Turki memiliki kekayaan sejarah dan budaya yang memadukan budaya timur dan barat. Negara Turki berbatasan dengan Yunani dan Bulgaria di sebelah barat, di sebelah timur laut berbatasan dengan Armenia, Georgia, dan Azerbaijan, sedangkan di sebelah tenggara berbatasan dengan Irak, Iran, dan Syria.

Bukan hanya itu, Turki juga memiliki banyak bangunan bersejarah yang telah berusia ribuan tahun, salah satunya Hagia Sophia, yaitu bangunan yang dahulu pernah menjadi katedral, basilika, dan masjid. Nah, jika anda sedang berencana liburan ke Turki, berikut ini ada beberapa tempat wisata di Turki yang bisa Anda pilih:

  • Cappadocia

Cappadocia merupakan tempat bersejarah yang berada di Provinsi Nevsehir, Turki. Tempat wisata ini berada di dataran tinggi dan menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Turki.Cappadocia memiliki relief tanah bergunung-gunung dengan situs-situs batu yang unik, terutama menara serta rumah-rumah batu kuno.

Selain itu, anda juga bisa melihat gua yang terbuat dari batu utuh yang kemudian dilubangi. Anda bisa mencoba merasakan tinggal di bangunan-bangunan unik tersebut dengan menginap di hotel-hotel batu yang ada di sekitar lokasi wisata. Ketika berada disini, anda akan merasa seperti berada di negeri dongeng.

  • Blue Mosque

Masjid Sultan Ahmed atau yang lebih dikenal dengan Blue Mosque adalah sebuah masjid indah dan bersejarah yang berada di Istanbul, Turki. Disebut dengan Blue Mosque atau Masjid Biru, karena dinding interiornya dihiasi dengan keramik berwarna biru yang berjumlah 20 ribu keping.

Masjid bersejarah ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I tahun 1616. Masjid ini memiliki 9 kubah serta 6 menara masjid yang berdiri di sekitarnya. Selain interiornya yang indah, masjid ini juga memiliki halaman yang luas sehingga menambah kemegahannya.

  • Hagia Sophia

Tempat wisata di Turki yang bersejarah lainnya adalah Hagia Sophia yang merupakan bekas bangunan gereja dan masjid dan kini dijadikan museum. Salah satu landmark paling populer di Turki ini berlokasi di kota Istanbul.

Bangunan ini didirikan oleh Kaisar Bizantin dan Justinian antara tahun 532-537 dengan dibantu rancangan dari dua ilmuwan Yunani. Bangunan Hagia Sophia hampir mirip dengan Blue Mosque, dimana terdapat kubah serta menara disekitarnya.

  • Topkapi Palace

Topkapi Palace merupakan sebuah museum yang dulunya adalah kompleks istana bekas tempat tinggal Sultan Ottoman Turki. Istana ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mehmed II sekitar tahun 1459 dan menjadi tempat tinggal para sultan Ottoman Turki hingga 400 tahun.

Istana ini tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal saja, tapi juga difungsikan sebagai pusat pemerintahan. Karena itulah di kompleks Topkapi Palace tersedia fasilitas yang sangat lengkap, seperti sekolah, asrama, perpustakaan, rumah sakit, masjid, taman, dan lain-lain.

Jika Anda sekeluarga merencanakan liburan ke luar negeri seperti ke negara Turki, maka berikut ini tips saat tour wisata ke Turki dengan anak dan keluarga yang bisa anda lakukan.

  1. Pastikan Dokumen Perjalanan Lengkap

Dokumen perjalanan menjadi hal yang sangat krusial saat bepergian ke luar negeri karena dokumen ini yang akan menentukan anda sekeluarga dapat memasuki negara tujuan atau tidak. Pastikan beberapa dokumen penting seperti paspor, visa dan tiket pesawat untuk seluruh keluarga semuanya lengkap serta disimpan dengan baik.

  1. Buat Daftar Berbagai Kebutuhan Dan Barang Bawaan Selama Perjalanan

Membuat daftar berbagai kebutuhan dan barang bawaan untuk masing-masing anggota keluarga dapat membantu saat proses pengemasan barang bawaan dan menghindari barang bawaan penting tertinggal. Barang bawaan tersebut juga harus disesuaikan dengan iklim sekitar negara tujuan, sebagai contoh jika di Turki sedang musim dingin maka bawalah baju hangat lebih banyak khususnya bagi anak-anak.

  1. Bawalah Uang Tunai Secukupnya

Satu lagi tips saat tour wisata ke Turki dengan anak dan keluarga adalah membawa uang tunai sesuai mata uang negara setempat dalam jumlah yang cukup. Uang tunai dibutuhkan saat anda ingin membeli jajanan atau oleh-oleh di kios atau tempat yang tidak menyediakan pembayaran melalui kartu kredit.

Untuk memudahkan anda merencanakan perjalanan ke Turki, anda bisa menggunakan jasa agen travel terpercaya

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.