Beranda Digistyle Makin Mudah Bayar Zakat Secara Online

Makin Mudah Bayar Zakat Secara Online

BERBAGI
Makin Mudah Bayar Zakat Secara Online halo indonesia

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Sebagai umat muslim, sudah menjadi kewajiban untuk mengeluarkan zakat bagi mereka yang telah mencapai batas minimal atau nisab. Jenis zakat ada dua macam, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat yang harus dikeluarkan menjelang hari raya Idul Fitri adalah zakat fitrah. Besarnya zakat fitrah adalah setara dengan 3,5 liter atau 2,7 kilogram makanan pokok di daerah orang tersebut.

Lalu di mana kita bisa menyalurkan zakat fitrah ini? Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, urusan memberikan zakat kini dapat dilakukan secara online. Beberapa penyalur zakat resmi di dalam negeri telah memberikan fasilitas berzakat secara online. Apa saja itu?

  1. DANA

    Pada bulan Ramadan, DANA membuat fitur baru yakni Zakat & Donasi. Fitur ini merupakan hasil kerja sama antara DANA dengan Yayasan Dompet Dhuafa untuk menghadirkan layanan berzakat dan berdonasi secara digital.

    Khusus untuk penyaluran donasi, DANA dan Dompet Dhuafa menyediakan beberapa opsi yang dapat dipilih. Opsi tersebut antara lain, donasi untuk 10.000 bingkisan lebaran, air untuk kehidupan, sekolah tanpa batas, beasiswa untuk negeri, pembebasan gizi buruk dan membantu kalangan difabel.

    Selain menyediakan layanan berzakat dan berdonasi secara digital melalui aplikasi dompet digital, masyarakat juga dapat melakukan zakat dan donasi melalui kode QR yang dapat dipindai menggunakan teknologi pemindaian yang ada di aplikasi dompet digital DANA.

  2. Kitabisa

    Zakat yang dibayarkan melalui aplikasi Kitabisa, zakat itu akan disalurkan ke sejumlah mitra Kitabisa seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAZ), Dompet Dhuafa, Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap, LAZISNU-NU CARE, dan Rumah Zakat.

    Bagi pengguna yang sudah memiliki akun Kitabisa, terdapat menu bertuliskan ‘Tap Zakat’ lalu pilih lembaga mitra zakat Kitabisa, klik Zakat langsung. Misal pilih mitra zakat BAZNAZ, klik Tunaikan Zakat lalu isi nominal zakat yang akan dibayarkan dan pilih metode pembayaran.

    3. Amalin

    Melalui Amalin, zakat yang dibayarkan pengguna akan disalurkan ke sejumlah organisasi pemberdayaan masyarakat, pelayanan untuk dhuafa, dakwah dan advokasi zakat. Aplikasi ini juga menawarkan pilihan zakat seperti zakat pertambangan, zakat emas, zakat perdagangan, zakat pertanian atau perkebunan, zakit harta, dan zakat profesi.

    Sebelum melakukan pembayaran zakat, pengguna dapat menghitung nominal zakat terlebih dahulu menggunakan Kalkulator Zakat. Setelah itu, pengguna dapat langsung membayar zakat dan pilih metode pembayaran.

  3. Tokopedia Zakat

    Tokopedia tak hanya dipergunakan untuk membeli barang, selama bulan Ramadan ini Tokopedia menyediakan layanan pembayaran zakat yang ada di aplikasi. Sama halnya dengan Kitabisa, Tokopedia juga bekerja sama dengan sejumlah badan zakat seperti BAZNAZ, Dompet Dhuafa, LAZISNU-NU CARE dan Rumah Zakat.

    Pengguna yang ingin membayar zakat, klik Zakat lalu masukkan jumlah zakat, klik Selanjutnya dan masukkan nomor NPWP, klik Bayar Zakat.

5.Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

BAZNAS menjadi satu-satunya organisasi resmi yang didirikan oleh pemerintah sejak tahun 2001. BAZNAS menawarkan metode secara offline dan online untuk melakukan tugasnya dalam pengumpulan zakat, infak dan sedekah. Terkadang, BAZANAS juga membuka stand di beberapa pusat perbelanjaan. BAZNAS juga telah meluncurkan aplikasi untuk android, sehingga membayar zakat menjadi lebih mudah.

  1. NU Care-Lazisnu

NU Care-Lazisnu yang awalnya Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) ini didirikan pada tahun 2004. NU Care-Lazisnu merupakan lembaga nirlaba milik perkumpulan Nahdlatul Ulama (NU) yang mempunyai tujuan untuk membantu kesejahteraan umat serta mengangkat harkat sosial melalui zakat, infak, sedekah dan dana-dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.