Beranda Frame Lampung Barat Siap Buka Kran Pariwisata

Lampung Barat Siap Buka Kran Pariwisata

BERBAGI
Lampung Barat Siap Buka Kran Pariwisata

Lampung Barat, Haloindonesia.co.id – Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus beserta jajarannya dengan ketat mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Bupati Lampung Barat tak ingin segala kebutuhan konsumsi, kegiatan perekonomian, hingga aktivitas sosial dan budaya terkena imbas pandemi. Berbagai pendekatan dan sosialisasi pencegahan dilakukan Bupati Lampung Barat dan segenap jajarannya untuk menghalau dampak COVID-19. Mulai dari pendirian check point untuk pengecekan akses masuk di empat titik perbatasan, pembagian dan pemakaian masker secara massal, penyemprotan desinfektan secara massal dan serentak hingga pemberian bantuan diberikan bukan hanya kepada masyarakat Lampung Barat, melainkan juga putra-putri daerah yang sedang merantau.

“Kami pantau terus kondisi masyarakat yang berada di dalam dan luar daerah. Semua bantuan kita distribusikan merata, kita upayakan maksimal. Masyarakat harus merasakan bahwa pemerintah hadir dan peduli terhadap kondisi mereka,” ujar Parosil Mabsus, saat ditemui Redaksi Halo Indonesia, di ruang kerjanya awal November 2020.

Semua bantuan yang diberikan kepada masyarakat dilakukan berlandaskan panduan SOP dari Pemerintah Pusat. “Rumah sakit dan hotel kita sulap untuk penanganan COVID-19, alat pelindung diri (APD) kita sebar bagi yang membutuhkan, tenaga kesehatan kita fasilitasi. Intinya bagaimana mengambil keputusan dan berkoordinasi untuk memutus mata rantai penularan. Alhamdullilah dengan penanganan yang super cepat, jumlah pasien COVID-19 di Lampung Barat, minim” papar Parosil.
Lampung Barat Siap Buka Kran Pariwisata
Di sisi lain, Lampung Barat sebagai salah satu daerah yang memiliki daya tarik wisata alam yang eksotis, juga tak main-main dalam memutuskan pembukaan kembali destinasi wisata. Ketaatan dan disiplin pengunjung dan masyarakat tak bisa ditawar. Penambahan fasilitas seperti area tempat cuci tangan, kelengkapan thermo gun bagi petugas, hingga keberadaan unit Ambulance Hebat sebagai transportasi penanganan tanggap darurat telah direncanakan.

“Kami senantiasa berkoordinasi dengan penyedia wisata dan berbagai stakeholder. Kami memastikan dengan cermat dan tepat, bagaimana kesiapan pengelola wisata terutama bila menyambut tamu dalam jumlah banyak.  Kami tetap bekerjasama dengan Gugus Tugas untuk melakukan asesment tempat wisata, pemenuhan SOP dan pembatasan tamu. Selanjutnya tempat wisata yang dinyatakan memenuhi kesesuaian akan mendapatkan sertifikat,” Bupati Parosil menjelaskan.
Lampung Barat Siap Buka Kran Pariwisata
Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terbentuk pada tahun 1991, hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara. Luas wilayah kabupaten ini mencapai 3.368,14 kilometer persegi atau 10,6 persen dari total luas wilayah Provinsi Lampung.

Secara administratif, Kabupaten Lampung Barat terbagi menjadi 15 wilayah kecamatan: Airhitam, Balikbukit, Bandarnegeri Suoh, Lumbokseminung, Kebuntebu, Sumberjaya dan Kecamatan Batubrak. Kemudian: Kecamatan Pagardewa, Sekincau, Sukau, Batuketulis, Belalu, Gedungsurian, Suoh, dan Kecamatan Waytenong.

Jumlah penduduk kabupaten ini mencapai lebih kurang 439.076 jiwa yang tersebar pada 131 pekon/desa dan lima kelurahan. Saat ini Kabupaten Lampung Barat dipimpin Bupati Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Mad Hasnurin.
Lampung Barat Siap Buka Kran Pariwisata
Kabupaten Lampung Barat menyimpan beragam potensi sumber daya alam yang menjadi modal mengembangkan program pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya di bidang pariwisata. Berikuti sejumlah obyek wisata unggulan di Kabupaten Lampung Barat:

  • Danau Asam Kawah Nirwana
  • Situs Megalitikum
  • Danau Ranau
  • Arung Jeram Way Besai
  • Bukit Gerdai
  • Kebun Raya Liwa (KRL)
Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.