Beranda Education BPSDM Perhubungan Ciptakan Insan Maritim Berkelas Dunia

BPSDM Perhubungan Ciptakan Insan Maritim Berkelas Dunia

BERBAGI
Tekankan Penguasaan Bahasa Asing Dan Kemampuan Bidang IT, BPSDM Perhubungan Ciptakan Insan Maritim Berkelas Dunia
Makassar, Haloindonesia.co.id – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) senantiasa berupaya sebaik mungkin untuk menjadikan Perwira Pelayaran Niaga sebagai insan-insan terbaik di bidang Maritim. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPSDMP, Sugihardjo saat memimpin prosesi Wisuda Drive Thru 251 Perwira Pelayaran Niaga lulusan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong, di Lapangan Canopus Kampus Poltekpel Barombong. (7/10)
Untuk itu kurikulum saat ini di Sekolah Kementerian Perhubungan, ungkap Sugihardjo, yang menitikberatkan pada 70% Praktik dan hanya 30% Teori, tidak terkecuali di Poltekpel Barombong, merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan SDM terbaik di bidang Maritim.
“Dengan materi praktik lebih banyak daripada teori, skill dan kemampuan saudara jauh lebih tinggi dibanding teman-teman kalian yang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.” Ungkap Sugihardjo.
Namun demikian, Sugihardjo menambahkan, disamping skill dan kemampuan, hal yang lebih utama dalam menciptakan insan-insan terbaik di bidang Maritim, yaitu pembentukan karakter.
“Karena karakter atau softskill yang terwujud dalam bentuk attitude, bagaimana saudara punya sikap disiplin, menghargai waktu, menghargai senior, dan menghargai pekerjaan, merupakan sikap-sikap dasar yang dituntut dalam dunia kerja, dan diatas sikap itu semua, tentu ketakwaan kepada Tuhan yang diwujudkan dengan kejujuran.” Tambah Sugihardjo.
Selain itu, Sugihardjo juga memberikan apresiasi kepada para Perwira Pelayaran Niaga, yang telah berkorban waktu dan tenaga untuk ditempa menjadi Perwira Pelayaran Niaga yang berkompeten.
“Kompetensi sebagai Perwira Pelayaran Niaga itu tidak dicapai dengan perjuangan yang mudah, anda mengorbankan waktu mengorbankan kesempatan sebagai remaja, untuk bergelut di dalam kampus Poltekpel Barombong, menempa diri menjadi Perwira Pelayaran Niaga yang membanggakan,” Ucap Sugihardjo.
Di akhir sambutannya, Sugihardjo berpesan kepada para Perwira Pelayaran Niaga, untuk dapat mengembangkan diri dengan dua kemampuan yaitu kemampuan berbahasa dan kemampuan IT.
“Dunia semakin global, oleh karenanya ada dua hal yang harus saudara ketahui, yaitu pertama adalah kemampuan berbahasa, minimal Bahasa Inggris, peluang itu sangat terbuka, karena banyak pemuda di belahan bumi Eropa dan Amerika yang sudah meninggalkan dunia pelaut, ini merupakan kesempatan kalian untuk mengambil peluang tersebut dan yang kedua adalah kemampuan IT, hal tersebut merupakan suatu keniscayaan di era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi.” Pesan Sugihardjo
Pada kesempatan yang sama, Direktur Poltekpel Barombong, Capt. Sugiyono, mengungkapkan bahwa Wisuda kali ini diikuti sebanyak 97 Perwira lulusan Diklat Pelaut III Pembentukan Kompetensi Jurusan Nautika, 97 Perwira lulusan Diklat Pelaut III Pembentukan Kompetensi Jurusan Teknika, 27 Perwira lulusan Diklat Pelaut IV Pembentukan Kompetensi Jurusan Nautika, dan 30 Perwira lulusan Diklat Pelaut IV Pembentukan Kompetensi Jurusan Teknika.
“Selain mendapatkan pembelajaran teori maupun praktek di kampus, mereka diwajibkan untuk melaksanakan praktek kerja di kapal yang disebut Prala (Praktek Laut).” Pungkas Sugiyono.
Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.