Beranda Daerah Gempabumi Tektonik Magnitudo 4,6 Guncang Mojokerto

Gempabumi Tektonik Magnitudo 4,6 Guncang Mojokerto

BERBAGI
Gempabumi Tektonik Magnitudo 4,6 Guncang Mojokerto

Mojokerto, Haloindonesia.co.id – Gempabumi Tektonik dengan Magnitudo 4,6 mengguncang Kabupaten Mojokerto, Senin, (19/6/2023) pukul  20:44:01 WIB.

Kepala Stageof Sleman, Setyoajie Prayoedhie, dalam grup info publik BMKG Jatim, menyampaikan hasil analisis Badan Geologi Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) yang menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo  M=4.6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.49 LS dan 112.54 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km timur Laut Kab. Mojokerto, Jawa Timur pada kedalaman 9 km.

Jenis Gempabumi ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Hal ini filhat dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi

“Guncangan gempabumi ini dirasakan Mojokerto dengan skala III – IV MMI,” Setyoajie.

Sementara (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi), Pasuruan, Surabaya, Lamongan, Gresik III MMI (Getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sidoarjo II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu ), Lawang II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hingga hari Senin, 19 Juni 2023 pukul 21.00 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

Kepada masyarakat, BMKG juga mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.