Beranda Frame Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Kobarkan Semangat Nasionalisme

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Kobarkan Semangat Nasionalisme

BERBAGI
Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Kobarkan Semangat Nasionalisme

Penajam Paser Utara, Haloindonesia.co.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) kembali menggaungkan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. Selain menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, kegiatan ini juga untuk meningkatkan semangat nasionalisme.

Hal itu ditegaskan Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Togap Simangunsong saat Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Alun-Alun Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (8/6/2024) malam.

“Bahwa bendera ini merupakan lambang negara, dengan kegiatan ini mampu meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat,” ujar Togap.

Lebih lanjut, Togap menyampaikan alasan memilih Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai tempat pencanangan awal Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN). Dirinya pun mengaku kagum dengan respons masyarakat sekitar yang menyambut baik kegiatan tersebut. Antusiasme masyarakat tersebut semakin meyakinkan dirinya bahwa Kabupaten Penajam Paser Utara telah siap menjadi daerah penyangga IKN.

“Saya melihat sudah mulai banyak bendera yang dikibarkan di sepanjang jalan, masyarakat antusias mengikuti, artinya menunjukkan bahwa masyarakat welcome, mulai dari tadi sore sampai malam ini masyarakat sangat welcome, sangat ramai menyaksikan,” tambahnya.

Dia menjelaskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih akan dilaksanakan di seluruh pemerintah kabupaten dan kota dengan mengutamakan semangat gotong royong. Bukan hanya tahun ini, gerakan tersebut sudah digelar Kemendagri sejak 2022. “Kita melaksanakan nilai Pancasila, salah satunya nilai gotong royong, untuk itu 10 juta [bendera Merah Putih] ini kita gotong royong untuk melaksanakan di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Sebagai informasi, Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih ini juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan. Hal itu seperti festival jajanan Nusantara oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), hiburan pesta rakyat, serta kegiatan lainnya yang menambah semarak pencanangan gerakan tersebut.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.