
Jakarta , Halo Indonesia – Tangerang, 13 Desember 2017 – PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk. (GMF)
menandatangani Nota Kesepahaman / Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama
perawatan pesawat dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Penandatanganan MoU ini
dilakukan oleh Direktur Utama GMF Iwan Joeniarto dan Direktur Teknik & Pemeliharaan Garuda
Indonesia, I Wayan Susena di Hangar 4 GMF, Cengkareng (13/12). MoU ini merupakan suatu
bentuk komitmen kedua belah pihak untuk melanjutkan kontrak kerja sama jangka panjang
untuk perawatan armada Garuda Indonesia yang sebelumnya sudah dilakukan sejak GMF
berdiri tahun 2002 dan akan berakhir pada Juni 2018 mendatang.
Direktur Utama GMF, Iwan Joeniarto menyampaikan bahwa GMF akan berkomitmen untuk
terus meningkatkan pelayanan terhadap Garuda Indonesia sebagai salah satu Key Account
Customer nya. “Dari kesepakatan bersama ini akan dibentuk tim khusus baik dari GMF maupun
Garuda Indonesia untuk melakukan penyempurnaan layanan yang diberikan GMF untuk
Garuda Indonesia,” kata Iwan. Sejalan dengan itu, Direktur Teknik & Pemeliharaan Garuda
Indonesia, I Wayan Susena mengatakan bahwa selama ini GMF yang merupakan anak
perusahaan Garuda Indonesia Group ini telah memberikan pelayanan yang optimal dalam
menjaga armada Garuda Indonesia tetap dalam kondisi laik terbang. “Kami mengapresiasi
kualitas layanan GMF sebagai MRO kelas dunia yang semakin baik dari waktu ke waktu. Apalagi
sinergi Garuda Indonesia Group juga akan secara optimal kita lakukan. Namun sesuai dengan
tata kelola perusahaan yang baik kami juga melakukan performance review kepada seluruh
rekanan bisnis kami tanpa terkecuali termasuk GMF sebagai maintenance provider kami,” ujar
Wayan.
Sejak GMF berdiri 15 tahun yang lalu, Garuda Indonesia telah mempercayakan keseluruhan
perawatan pesawatnya (total maintenance) kepada GMF, baik dalam bentuk Power-By-TheHour
(PBTH) maupun Time & Material Basis, dimana layanan yang diberikan GMF ini akan
memudahkan pelanggannya dalam perawatan menyeluruh serta merencanakan biaya
perawatan pesawat.
Direktur Utama GMF Iwan Joeniarto juga menambahkan bahwa layanan yang diberikan
kepada Garuda Indonesia merupakan bagian dari strategi GMF sebagai Total Solutions
Provider. “Layanan ini kami berikan kepada seluruh customer yang memercayakan
keseluruhan perawatan pesawatnya di GMF. Kami memberlakukan ‘equal treatment ‘ kepada
seluruh pelanggan. Dengan terus meningkatnya kualitas layanan Garuda Indonesia, maka
requirement untuk GMF pun semakin tinggi, dan kami berkomitmen untuk bisa
memehuhinya,” tambah Iwan.
Iwan juga mengatakan bahwa Garuda Indonesia sebagai maskapai bintang 5 dapat menjadi
etalase bisnis GMF untuk mengembangkan usahanya baik ke dalam dan keluar negeri.
“Kedepan kami memang mencoba untuk meraih lebih besar lagi pasar perawatan maskapai di
luar Garuda Indonesia. Namun portofolio Garuda sebagai airline kelas dunia pun tetap
menjadikan GMF memiliki rekam jejak yang diperhitungkan dalam industri MRO global,” tutup
Iwan.