Beranda Food & Resto Mie Ayam Goreng Legendaris Khas Jogja

Mie Ayam Goreng Legendaris Khas Jogja

BERBAGI
Mie Ayam Goreng Legendaris Khas Jogja

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Anda penyuka kuliner mie ayam kuah dan pengen mencari alternatif lain? Sesekali datanglah ke Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain menikmati pemandangan alam gunung merapi, kamu bisa mencicipi kuliner mi ayam goreng (miyago) legendaris. Konon, miyago ini adalah pertama di Yogyakarta, yakni Mi Ayam Goreng Mekaton.

Terletak di Barat Kabupaten Sleman dan sangat jauh dari pusat kota, tak membuat mi ayam goreng ini sepi peminat. Berada di pinggir jalan Desa Sumakaton, mi ayam ini menjadi jujugan para wisatawan. Berjarak 9,1 km dari Tugu Jogja, mi ayam goreng Mekaton bisa ditempuh 20 hingga 25 menit menggunakan sepeda motor.

Menu Warung Mie Ayam Goreng Mekaton Seyegan ada dua macam yaitu mie ayam goreng dan mie ayam biasa yang menggunakan kuah. Tidak ada pilihan lain seperti tambahan pangsit goreng, bakso sapi, atau mie ayam komplit. Pengunjung yang datang langsung memesan kemudian memilih tempat duduk yang masih kosong sambil menunggu pesanan siap disajikan. Tidak perlu menunggu lama akhirnya pesanan kami segera tersaji di meja makan.

Yang spesial dari mi ayam goreng ini adalah mi mentahnya. Mie tersebut dibuat sendiri tanpa bahan pengawet. Sambal dan umbu-bumbunya juga khas.  Penyajian menu mie ayam goreng di Warung Mie Ayam Goreng Mekaton menggunakan piring datar seperti yang biasa digunakan untuk mie goreng atau nasi goreng.  Bila diperhatian secara sekilas penyajiannya mirip seperti penyajian bakmi goreng pada warung mie goreng surabaya namun bedanya aroma yang tercium masih berupa aroma sajian mie ayam. Porsi mie ayam goreng terlihat cukup banyak atau bisa dibilang porsi jumbo.

Dalam satu piring mie ayam goreng terdiri dari mie atau bakmi, topping daging ayam, potongan daun sawi putih, taburan bawang goreng, dan potongan acar. Mie atau bakmi yang digunakan sama seperti mie ayam rebus dimana direbus terlebih dahulu kemudian digoreng dengan bumbu.Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong suwir, berukuran besar, dan terpisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi putih jumlahnya standar.

Mi Ayam Mekaton tepatnya beralamat di Jalan Kebon Agung, Pasar Srikaton, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman. Bisnis kuliner ini didirikan oleh Ibu Wahim pada tahun 1995 dan diklaim sebagai mi ayam goreng pertama di Yogyakarta.

“Dari tahun 1995, kami menjadi pelopor pertama mi ayam goreng di Jogja dan sekitarnya mas. Ibu terinspirasi dari permintaan masyarakat yang minta dibuatkan mi ayam tanpa kuah. Mulai dari situ terpikirlah membuat kuliner mi ayam goreng,” kata Arjunadi, penerus pengelola Mi Ayam Goreng Mekaton.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.