Madrid, Haloindonesia.co.id – Pekan ini, KBRI Madrid kembali berpartisipasi dalam pameran pariwisata internasional tahunan Feria Internacional de Turismo (FITUR) di IFEMA Madrid, (24-28/1). Indonesia menempati stand nomor 10 seluas 65 meter persegi di koridor utama Paviliun 6D, bersama negara-negara Asia Pasifik, Asia Selatan dan Timur Tengah.
Partisipasi Indonesia pada FITUR 2024 merupakan upaya memanfaatkan pulihnya minat masyarakat Spanyol untuk berwisata ke luar negeri serta pemulihan sektor pariwisata Indonesia pasca pandemi COVID-19.
Lebih lanjut, KBRI Madrid juga mengkapitaliasi momentum terpilihnya Indonesia sebagai anggota Executive Council Organisasi Pariwisata Dunia (UN World Tourism Organization – UNWTO), mewakili komisi regional Asia Timur dan Pasifik untuk periode 2023-2027.
Setelah kesuksesan partisipasi Indonesia tahun lalu, KBRI Madrid cukup optimis bahwa FITUR 2024 akan membuka peluang lebih besar untuk menarik minat wisatawan Spanyol ke Indonesia.
Guna memasarkan pilihan destinasi Indonesia yang luas, KBRI Madrid menggandeng 10 operator perjalanan wisata dan pelaku usaha sektor pariwisata, yakni Asia Bespoke Tours, Catur Viajes, Come2indonesia, Experience Toñi Bali, Invierte en Indonesia Group, Kura Kura Resort, Lotus Asia Tours, Melia Bali, Pacto DMC, serta Spanesia Adventure Group.
Operator perjalanan wisata tersebut berkesempatan menawarkan langsung paket perjalanan serta kesempatan menjalin kontak dan bekerja sama dalam mengorganisir kelompok wisatawan berlibur ke Indonesia, termasuk 10 destinasi prioritas Indonesia.
Lebih jauh, partisipasi Indonesia dilakukan dengan skema Kemitraan Pemerintah – Swasta sehingga mendapat dukungan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, Antangin, Grab, dan Melia Hotels International.
Adapun keunikan paviliun Indonesia tahun ini adalah dipersembahkannya Coffee Bar yang menghadirkan kopi premium Indonesia dan model Spanyol berbusana baju tradisional Indonesia.
Diharapkan kiat-kiat ini didukung oleh komitmen terpadu Pemerintah dan swasta Indonesia dapat menjaring dan meningkatkan kunjungan warga Spanyol dan mereka yang berbahasa Spanyol untuk berlibur ke Indonesia.
FITUR merupakan pameran pariwisata terpenting untuk pasar Ibero-Amerika. Bersama dengan Mobile World Congress (MWC) yang digelar setiap akhir Februari di Barcelona, FITUR yang diselenggarakan setiap bulan Januari di Madrid merupakan pameran tahunan berskala internasional terbesar di Spanyol dan kedua terbesar di Eropa.
Sebanyak 8.500 perusahaan dan 131 negara telah berpartisipasi dalam FITUR 2023 yang menggelar delapan (8) paviliun dengan total area pameran 66.900 meter persegi. Tahun lalu, FITUR dikunjungi lebih dari 222.000 individu yang terdiri dari 136.000 kalangan profesional serta 86.000 masyarakat awam. Dari segi dampak ekonomi, tahun lalu FITUR membawa keuntungan sebesar 400 juta euro bagi kota Madrid.
Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan FITUR 2024 dibagi menjadi dua (2) sesi. FITUR bagi pelaku usaha sektor pariwisata dibuka pada tanggal 24-26 Januari, sedangkan FITUR untuk masyarakat umum pada tanggal 27-28 Januari 2024.