Beranda Hot News ITEO 2018 UPAYA KEMENTERIAN PERHUBUNGAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING SDM BIDANG TRANSPORTASI

ITEO 2018 UPAYA KEMENTERIAN PERHUBUNGAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING SDM BIDANG TRANSPORTASI

BERBAGI

CURUG, Halo Indonesia – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penyelenggaraan Indonesian Transportation English Olympic (ITEO) 2018 adalah upaya Kementerian Perhubungan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di bidang transportasi agar dapat bersaing di kancah internasional. Hal tersebut disampaikan Menhub saat membuka ITEO 2018 di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Curug, Jumat (4/5).

“Penyelenggaraan ITEO 2018 ini adalah upaya Kementerian Perhubungan melalui Badan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia di bidang transportasi agar dapat bersaing di kancah internasional. Seperti kita ketahui bahasa Inggris sangatlah penting dan menjadi kemampuan dasar dalam sektor transportasi,” ucap Menhub Budi Karya.

ITEO 2018 UPAYA KEMENTERIAN PERHUBUNGAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING SDM BIDANG TRANSPORTASI

“Apabila kemampuan bahasa Inggris sudah baik para taruna-taruni kita akan semakin percaya diri dalam bersaing di kancah internasional,” tambah Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan penggunaan bahasa Inggris sangat penting terutama di sektor laut dan udara contohnya peraturan-peraturan yang berlaku dan penggunaan alat transportasi.

“Penggunaan bahasa Inggris sangatlah penting, terutama di sektor laut dan udara. Sebagai contoh seluruh peraturan dari Internasional Maritime Organization (IMO) dan Internasional Civil Aviation Organization (ICAO), selain itu pengoperasian pesawat di kokpit seluruhnya menggunakan bahasa Inggris dan komunikasi dengan Air Traffic Control (ATC) menggunakan bahasa inggris,” kata Menhub Budi Karya.

Lebih lanjut Menhub menyampaikan ITEO 2018 adalah momentum bagi para taruna-taruni untuk menunjukan kemampuan bahasa Inggrisnya setelah mendapatkan pendidikan dan pelatihan di sekolah di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

ITEO 2018 UPAYA KEMENTERIAN PERHUBUNGAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING SDM BIDANG TRANSPORTASI

“Melalui ITEO 2018 inilah diharapkan para taruna-taruni dapat menunjukan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris setelah mendapatkan pendidikan serta pelatihan di sekolah masing-masing,” ujar Menhub Budi Karya.

Sebagai informasi ITEO 2018 ini merupakan kali kedua diselenggarakan di mana pada tahun 2016 lalu diadakan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Malahayati, Aceh. 

Ada tiga kategori yang dilombakan yaitu Debate Championship, Story Telling Contest dan Speech Contest. ITEO 2018 ini diikuti oleh 135 taruna-taruni yang berasal dari 20 sekolah di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan ITEO 2018 ini Kepala Badan Sumber Daya Manusia Perhubungan Umiyatun Hayati, Sekretaris Inspektorat Jenderal Aca Mulyana, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Pepen Supendi, Kepala Pusat SDM Perhubungan Laut I Nyoman Sukayadna, Kepala Pusat SDM Perhubungan Udara Sri Lestari dan Kepala Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Novyanto Widadi.(MM/TH/RK/BI)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.