Beranda Frame Jadi Pemicu Kecelakaan KA Joglosemarkerto, PT KAI Tutup Perlintasan Sebidang Desa Payung...

Jadi Pemicu Kecelakaan KA Joglosemarkerto, PT KAI Tutup Perlintasan Sebidang Desa Payung Kendal

BERBAGI
Jadi Pemicu Kecelakaan KA Joglosemarkerto, PT KAI Tutup Perlintasan Sebidang Desa Payung Kendal

Kendal, Haloindonesia.co.id – Sebuah mobil Colt berpelat nomor H-1942-TM tertabrak Kereta Api (KA) Joglosemarkerto relasi Tegal-Semarang di perlintasan sebidang tanpa palang pintu di Desa Karanganom, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pada Rabu (5/6/2024) malam. Diduga kecelakaan ini terjadi karena jalan di perlintasan tersebut sempit

Akibat insiden tersebut, PT KAI Daop 4 Semarang menutup perlintasan sebidang tanpa palang pintu di jalur antara Stasiun Krengseng dan Stasiun Weleri di Kendal, Jawa Tengah, yang merupakan lokasi kecelakaan antara KA Joglosemarkerto dan sebuah mobil.

“Ditutup dalam rangka meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dan masyarakat pengguna jalan,” ungkap Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo di Semarang, dilansir Jum’at (7/6/2024).

Menurutnya, penutupan tersebut dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal dan pemerintah desa setempat. Ia menjelaskan bahwa penutupan perlintasan sebidang ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Franoto berharap semua pemangku kepentingan dapat proaktif dan bekerja sama dalam menjalankan tugas sesuai dengan kewenangan masing-masing. Selain itu, ia mengimbau para pengguna jalan untuk tetap waspada saat melintas di perlintasan sebidang, baik yang berpenjaga maupun tanpa palang pintu.

Franoto turut mengatakan bahwa KAI bersama pemerintah dan para pemangku kepentingan terus bersinergi untuk meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang melalui berbagai upaya.

Ia mengapresiasi langkah pemerintah daerah yang proaktif dalam membantu menutup perlintasan sebidang yang tidak terjaga demi menciptakan keselamatan bersama, baik bagi pengguna jalan maupun perjalanan kereta api.

“KAI berharap seluruh pihak dapat proaktif dan bersama-sama menjalankan tugas sesuai kewenangannya masing-masing untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api maupun para pengguna jalan itu sendiri,” ungkapnya.

(HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.