Beranda Daerah Jangan Hanya Seremonial, Wagub Yansen: Maknai Harkitnas Dengan Berjuang Bersama

Jangan Hanya Seremonial, Wagub Yansen: Maknai Harkitnas Dengan Berjuang Bersama

BERBAGI
Jangan Hanya Seremonial, Wagub Yansen: Maknai Harkitnas Dengan Berjuang Bersama

Tanjung Selor, Haloindonesia.co.idWakil Gubernur Drs. Yansen TP, MSi bertindak sebagai Pembina Apel Upacara Bendera di Lapangan Agathis Tanjung Selor dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 Tahun 2023, Senin (29/5/2023). Turut hadir Sekretaris Provinsi, Asisten, Staff ahli, OPD dan para ASN dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara.

Tema peringatan Harkitnas tahun ini adalah “Semangat untuk Bangkit”. Tema tersebut bermakna membangkitkan nilai nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran memerdekakan harapan masyarakat Indonesia.

Upacara diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih dari pasukan pengibar bendera (Paskibra), kemudian dilanjutkan pembacaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dilanjutkan pembacaan Pancasila oleh Wagub Kaltara dan diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Dalam arahannya, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara membacakan sambutan Plt Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Mahfud MD, mengajak seluruh komponen bangsa, untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional.

“Maknai hari Kebangkitan Nasional dengan perjuangan bersama, bukan hanya seremonial semata. Kita semua yang ada di Kaltara merupakan bagian dari membangun bangsa. Mari tanamkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa,” kata Wagub Kaltara Yansen.

Disampaikan berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Indonesia pada tahun 2022 menunjukkan pertumbuhan 5,31 persen (Year-on-year/yoy), jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70 persen (yoy).

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I tahun 2023 pun terus bertumbuh sebesar 5,03 persen (yoy). Ini menunjukkan performa yang lebih baik dari periode Triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01 persen (yoy).

Selain itu, kiprah Indonesia di tengah krisis dunia juga tetap terlihat melalui berbagai forum internasional. Selain Presidensi G20 Indonesia yang digelar pada tahun 2022, kepemimpinan Indonesia dalam forum ASEAN pada tahun 2023.

“Tingginya kepercayaan dunia kepada indonesia, menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional saat keluar dari era covid 19, sekaligus perjalanan indonesia menuju indonesia emas di tahun 2045,” pungkas Wagub Yansen.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.