Beranda Daerah Jatim Terima Kunjungan Kerja Pemprov Kaltim

Jatim Terima Kunjungan Kerja Pemprov Kaltim

BERBAGI
Jatim Terima Kunjungan Kerja Pemprov Kaltim

Surabaya, HaloindonesiaPemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Biro Pemerintahan Otonomi Daerah menerima rombongan kunjungan kerja dari Pemprov Kalimantan Timur di ruang rapat Biro BPOD Jatim, Kamis (11/8/2022). Kunjungan kerja ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama Pemprov  Jatim dengan Pemprov Kalitim yang sudah terjalin.

Kepala Biro BPOD Jatim, Jempin Marbu, mengatakan, kerjasama antara Jatim dan Kaltim adalah inisiatif dari gubernur yang dilakukan pada saat kunjungan misi dagang pada bulan Juli lalu, yang diwakilkan oleh Wagub dengan didampingi para kepala perangkat daerah.

“Karena pada waktu itu Gubernur tidak bisa hadir, maka penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) belum bisa di tandatangani oleh para pihak sehingga di tunda,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, maka saat ini PKS telah ditandatangani oleh para kepala OPD Kaltim selanjutnya diantar ke Jatim. “Maka hari ini tim dari Kaltim yang diketuai oleh Kabiro BPOD Kaltim datang ke Jatim untuk membawa PKS yang telah ditandatangani,” jelasnya.

Dikatakannya, dari kerjasama ini diharapkan masing-masing pihak mendapat manfaat yang saling menguntungkan. “Kita berharap kerjasama ini dapat meningkatkan PAD masing-masing daerah,” harapnya.

Sementara Kabag Kerjasama BPOD Kaltim, Agung Masuprianggono, menambahkan, kerjasama ini di antaranya melibatkam Dinas kelautan, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Kehutanan, Dinas Peternakan, Dinas Kominfo, Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Dari pertemuan ini masing-masing pihak yang datang telah berdiskusi, apa yang ada di masing-masing OPD telah diinformasikan sehingga nanti akan disesuaikan antara Kaltim dan Jatim bisa saling mengisi. Inilah fungsi kerjasama ini untuk saling mengisi, membantu dan memberikan informasi sehingga saling menguntungkan,” katanya.

Sementara bagi OPD yang belum menandatangi PKS tersebut, kata Agung, agar segera menyelesaikan mekanismenya, semakin cepat akan lebih baik. “Kami datang ke Jatim menjadikan contoh/role modul kita ke depan. Bagaimana kita selalu dengan mekanisme yang pas yakni ada persiapan, ada pertemuan perangkat daerah dan kita fasilitasi sehingga menjadi catatan kita untuk kerjasama dengan di lain waktu maupun dengan provinsi lain,” ujarnya.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.