Beranda Airport Jemaah Haji Kloter Pertama Debarkasi Surabaya Tiba di Bandara Juanda

Jemaah Haji Kloter Pertama Debarkasi Surabaya Tiba di Bandara Juanda

BERBAGI
Jemaah Haji Kloter Pertama Debarkasi Surabaya Tiba di Bandara Juanda

Surabaya, Haloindonesia.co.id – Sebanyak 371 jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) pertama Debarkasi Surabaya mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda pada Sabtu (22/6/2024) malam. Kembalinya jemaah haji Kloter pertama ini, menandakan fase pemulangan ibadah haji dimulai.

Melalui pers rilis Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, pada Minggu (23/6/2024), Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Mufi Imron Rosyadi dalam laporannya menerangkan, dari 371 jemaah haji kloter satu yang berangkat ke tanah suci, ada dua jemaah asal Kabupaten Bojonegoro yang wafat di tanah suci.

“Alhamdulillah hari ini 369 jemaah kloter satu telah kembali di tanah air dari total awal 371 jemaah. Namun ada satu mutasi masuk dari kloter 68, sehingga total jemaah yang pulang adalah 370 orang,” terang Mufi.

Begitu tiba di Asrama Haji, Mufi menerangkan, jemaah datang mendapatkan camilan kemudian mereka akan melewati thermoscan untuk pemeriksaan suhu tubuh, dan dipersilahkan duduk sesuai dengan rombongan. Selanjutnya menunggu proses loading barang bawaan jemaah dan juga stamp paspor kedatangan oleh Petugas Imigrasi. Jika sudah selesai semua, jemaah akan menerima paspor dan juga air zam-zam.

“Jemaah akan menerima air zam-zam sebanyak 5 liter dengan ketentuan jemaah haji memperlihatkan paspor kepada petugas,” terang Mufi.

Para jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) pertama Debarkasi Surabaya yang mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda pada Sabtu (22/6/2024) malam. Foto : Humas Kanwil Kemenag Jatim

Lebih lanjut, Mufi mengungkapkan, Petugas Maskapai akan memberikan tanda di paspor, jika jemaah sudah menerima air zam zam, hal ini untuk antisipasi jemaah mendapatkan dua kali.

Setelah memperoleh zam-zam, Mufi mengatakan, jemaah akan dibantu oleh petugas jasa angkut yang akan mengantar koper/barang bawaan ke bus atau kendaraan penjemput.

“Secara umum untuk proses pelayanan kepada jemaah haji, kami akan mempercepat proses tersebut, karena jemaah sudah lelah di perjalanan, sehingga proses di embarkasi akan kita percepat agar jemaah bisa segera pulang ke daerah masing-masing,” pungkas Mufi.

Diketahui, setelah kedatangan kloter pertama, menyusul kloter dua mendarat pada pukul 21.36 WIB dengan total 370 jemaah, kloter tiga mendarat pukul 22.31 WIB dengan total 371 jemaah, dan kloter 4 mendarat pada Minggu (23/6/2024) pukul 00.36 WIB dengan total 370 jemaah. Empat kloter ini semuanya berasal dari Kabupaten Bojonegoro.

Lalu, pada Minggu (23/6/2024) malam, kloter 5 dari Kabupaten Lamongan akan mendarat di Bandara Juanda pada pukul 21.00 WIB.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.