Beranda Frame Kader PKK Dituntut Terampil dan Mandiri di tengah Pandemi

Kader PKK Dituntut Terampil dan Mandiri di tengah Pandemi

BERBAGI
Kader PKK Dituntut Terampil dan Mandiri di tengah Pandemi

Depok, Haloindonesia.co.id – Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian mengatakan, pelatihan dan peningkatan kapasitas kader PKK dibutuhkan untuk menyelesaikan sejumlah permasalahan yang tengah dihadapi keluarga Indonesia. Selain itu, para kader diminta pula untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian dalam menghadapi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Tri dalam pembukaan kegiatan peningkatan kapasitas perencanaan pembangunan dan keterampilan pembuatan tas bagi kader PKK di Kota Depok, Jawa Barat, awal November lalu.

Istri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian ini tak menampik pandemi Covid-19 berdampak pada sejumlah sektor, tak terkecuali UMKM.

“Inisiatif kegiatan ini dilakukan mengingat pandemi Covid-19 telah menyebabkan kontraksi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Karena itu, hendaknya dapat direspons positif oleh para kader PKK, sehingga bantuan ataupun kebijakan yang digelontorkan pemerintah dapat dirasakan manfaatnya hingga ke level rumah tangga yang merupakan kelompok terkecil dalam masyarakat,” tambah Tri.

Tri menekankan bahwa Presiden Joko Widodo ingin mendorong semua pihak untuk bergerak bersama, salah satunya lewat program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), yang diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2020.

“PKK melalui 10 program pokoknya mempunyai program yang sangat baik, untuk itu PKK harus bisa sebagai motivator dan penggerak di tengah masyarakat agar masyarakat mau bangkit dan tidak pasrah dalam pandemi ini, melainkan masyarakat harus bisa untuk bangkit dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada di lingkungannya,” tuturnya.

Di sisi lain, Tri juga mengingatkan para kader PKK untuk mampu menggerakkan sektor UMKM yang ada di desa, mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan, meningkatkan keterampilan masyarakat, dan upaya lainnya agar dapat membantu ketahanan keluarga di tengah pandemi.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida menyambut baik pelaksanaan kegiatan oleh TP PKK Pusat dalam penguatan kader PKK melalui pelatihan membuat tote bag di Kota Depok tersebut. Acara yang digelar di Margo Hotel pada 1 November 2021 itu diikuti oleh warga dan kader PKK Kota Depok.

Elly Farida mengatakan TP PKK Kota Depok selalu merespons dengan cepat setiap arahan, baik dari TP PKK Pusat maupun Provinsi. Apalagi pada pelaksanaan kegiatan kali ini difokuskan pada keterampilan para kader, yaitu pengembangan keterampilan dalam membuat tote bag.

“Kader PKK di Kota Depok juga selalu gerak cepat jika ada arahan. Selalu semangat dalam mengikuti pelatihan yang diberikan, baik dari tingkat kota, provinsi, dan pusat,” ujarnya.

Elly Farida juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian, serta tim penyelenggara yang memilih Kota Depok dalam pelaksanaan kegiatan penguatan kader kali ini.

Terakhir dia berharap, dengan adanya kegiatan ini para kader PKK di Kota Depok semakin termotivasi untuk selalu kreatif, inovatif, dan produktif.

“Semoga dapat semakin kreatif, inovatif, dan produktif, sehingga setelah dari pelatihan ini dapat diterapkan di rumah dan menjadi tambahan usaha kreatif dalam menunjang perekonomian keluarga,” harapnya.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.