Beranda Frame Kampung ASEAN: Keliling Kawasan dalam Satu Kesempatan

Kampung ASEAN: Keliling Kawasan dalam Satu Kesempatan

BERBAGI
Kampung ASEAN: Keliling Kawasan dalam Satu Kesempatan

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Rangkaian kegiatan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM) ke-2 di Jakarta turut menyuguhkan Festival ASEAN 2023 (ASEAN Fest 2023).

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) sejak 22 hingga 25 Agustus 2023. Festival menghadirkan Kampung ASEAN, di mana pengunjung seperti diajak berkeliling ke negara-negara ASEAN, sekaligus mengikuti berbagai lomba.

Salah seorang petugas yang berjaga di Kampung ASEAN, Vivi, saat ditemui Kamis (24/8/2023) menuturkan bahwa Kampung ASEAN merupakan bagian dari ASEAN Fest 2023 yang mana di dalamnya berisi booth negara-negara anggota ASEAN.

“Booth tersebut juga memperkenalkan budaya masing-masing negara. Selain itu diperkenalkan juga destinasi wisata di negara-negaranya, termasuk booth Indinesia. Booth Indonesia salah satunya memperkenalkan destinasi wisata Candi Borobudur,” kata Vivi di JCC, Kamis (24/8/2023).

Kampung ASEAN yang di desain unik menghadirkan booth 10 negara ASEAN dengan ikon masing-masing negara, termasuk ragam kulinernya.

Pantauan Tim Komunikasi Publik Kominfo Newsroom, masyarakat pun terlihat antusias saat mereka mengunjungi seluruh booth. Mereka berkeliling dan memadati setiap stan di area Kampung ASEAN.

Layaknya di dunia sesungguhnya, mengunjungi negara ASEAN di area Kampung ASEAN pun harus menggunakan paspor.

Paspor itu bisa diambil di meja registrasi, kemudian diharuskan melewati meja imigrasi untuk mendapatkan cap tanda masuk ke negara ASEAN.

Vivi menambahkan, setelah mendapatkan cap di imigrasi, pengunjung harus bisa berkeliling booth negara-negara ASEAN dan meminta stempel negara bersangkutan sebagai bukti telah berkunjung.

“Selesai berkeliling, pengunjung kembali harus melewati meja imigrasi untuk mendapatkan stempel keluar seperti layaknya ketika kita melakukan perjalanan ke luar negeri. Setelah mendapatkan stempel keluar dari imigrasi, kita bisa menukarkan paspor dengan secangkir kopi di booth yang telah disediakan,” jelas Vivi.

Sementara Yusuf Sinaga, pengunjung asal Bekasi Jawa Barat mengapresiasi hadirnya “Kampung ASEAN“, yang menurutnya mampu memberikan tambahan pengetahuan akan kekayaan budaya dan kuliner negara ASEAN.

Ia yang datang bersama keluarga pun mengaku menjadi tahu bagaiamana pentingnya peran Indonesia di kawasan ASEAN bahkan dunia.

”Sederhananya sebagai ketua Indonesia harus mampu mengakomodir berbagai kepentingan negara-negara anggota dalam satu keputusan bersama dan menguntungkan kawasan. Ini kan kepercayaan. Ditambah lagi hadirnya ”Kampung ASEAN“ menurut saya hal yang baru. Kami seperti diajak berkeliling negara ASEAN dalam satu hari,“ katanya.

ASEAN Fest 2023, yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) turut mengundang masyarakat sebagai upaya memperkenalkan sekaligus merasakan semangat ASEAN 2023. Selain menghadirkan Kampung Asean sebagai wahana edukasi kultur, ajang ini juga ada seminar. “Kampung ASEAN” ingin lebih mengenalkan karakteristik hingga kuliner dan berbagai suvenir khas negara ASEAN. Selain itu juga menghadirkan museum pertemuan ASEAN, serta pameran UMKM serta festival inklusi keuangan.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.