Beranda Education Kemendikbud Ungkap Lulusan Perguruan Tinggi Tak Menjamin Mudah Dapat Kerja

Kemendikbud Ungkap Lulusan Perguruan Tinggi Tak Menjamin Mudah Dapat Kerja

BERBAGI
Kemendikbud Ungkap Lulusan Perguruan Tinggi Tak Menjamin Mudah Dapat Kerja

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menegaskan bahwa menjadi lulusan perguruan tinggi tidak menjamin seseorang untuk langsung mendapatkan pekerjaan.

Terlebih lagi, dengan adanya perkembangan teknologi yang mengganggu, setiap lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat beradaptasi dengan kebutuhan teknologi dan persyaratan dunia kerja.

“Saat ini lulusan perguruan tinggi saja itu tidak bisa dijadikan jaminan bahwa seseorang itu bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah,” tegas Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Prof Tjitjik Sri Tjahjandarie di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Dikatakannya, situasi tersebut diperparah dengan disrupsi teknologi yang menuntut setiap lulusan perguruan tinggi untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia kerja.

Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, ia menyebut bahwa Kemendikbudristek telah menginisiasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini bertujuan untuk menciptakan hubungan langsung antara mahasiswa dan dunia kerja.

“Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus selama dua semester. Setelah itu mahasiswa kami harap mendapatkan kompetensi tambahan,” ungkap Prof Tjitjik melalui tayangan salah sebuah video.

Dia menjelaskan bahwa pengalaman selama dua semester di luar lingkungan kampus dapat menjadi faktor pendorong bagi mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikan tinggi untuk mempersiapkan diri sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Menurutnya, pengalaman di berbagai perusahaan selama mengikuti Program MBKM akan membantu mahasiswa mematangkan diri. Hal ini karena konsep dunia kerja tidak selalu identik dengan materi yang dipelajari mahasiswa selama kuliah.

Hasil penelitian terhadap lulusan yang sebelumnya mengikuti Program MBKM saat kuliah menunjukkan bahwa mereka cenderung lebih cepat mendapatkan pekerjaan daripada yang tidak mengikuti program tersebut, menurut Kemendikbudristek.

Selain itu, menurutnya, gaji para lulusan Program MBKM yang bekerja di perusahaan tertentu umumnya lebih tinggi daripada gaji lulusan yang tidak mengikuti program tersebut.

(HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.