Beranda Frame Kemenhub Selenggarakan Bimtek Keprokolan Dan MC

Kemenhub Selenggarakan Bimtek Keprokolan Dan MC

BERBAGI
Kemenhub Selenggarakan Bimtek Keprokolan Dan MC

Bogor, Haloindonesia.co.idKementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut  kembali menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan dan Pembinaan Keprotokolan dan MC di lingkungan  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun Anggaran 2023. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Lollan Panjaitan pada hari Rabu (2/5) bertempat di Kota Bogor Jawa Barat dan diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Dalam sambutannya, Sesditjen Lollan Panjaitan mengatakan bahwa keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kepemerintahan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.

“Terkait dengan hal ini, saya menganggap penting penyelenggaraan kegiatan bimtek ini, mengingat pentingnya peran dan tugas di bidang keprotokolan dan Master of Ceremony (MC) agar suatu setiap acara dapat berjalan dengan baik dan lancer” kata Lollan.
Kemenhub Selenggarakan Bimtek Keprokolan Dan MC
Lollan juga mengatakan selain bidang keprotolan, kegiatan bidang Master of Ceremony (MC), dalam sebuah acara resmi, juga dirasakan sangat penting, karena keberadaan seorang Master of Ceremony (MC) berfungsi untuk mengatur jalannya acara yang telah ditentukan. Keberhasilan dan kelancaran sebuah acara sangat ditentukan oleh banyak faktor, dimana salah satunya adalah adanya peran seorang MC yang professional.

“Tugas seorang Master of Ceremony (MC) memegang kendali atas jalannya semua acara guna memberikan informasi atas tahapan-tahapan acara yang akan dilakukan sampe dengan selesainya acara” ujar Lollan.

Terkait dengan hal tersebut di atas, Sesditjen Lollan meminta agar seluruh pesertra dapat mengikuti kegiatan bimtek ini dengan sebaik-baiknya sampai selesai.

“Saya berharap apa yang telah diperoleh dalam bimtek ini baik wawasan, pengetahuan dan pengembangan bakat di bidang keprotokolan dan Master of Ceremony (MC) dapat diterapkan di unit kerja masing-masing” kata Lollan.

Pada kesempatgan yang sama, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan, Achmad Soemantri mengatakan kegiatan Penyuluhan dan Pembinaan Keprotokolan dan MC Tahun Anggaran 2023 diikuti oleh 30 orang peserta dan dilaksanakan mulai tanggal 2 Mei s/d 6 Mei 2023 bertempat di Swiss-Belhotel Bogor.

Menurutnya, kegiatan Bimtek ini dilaksanakan secara atraktif dengan materi mencakup persiapan etika dan MC. penguasaan panggung acara, olah vokal (artikulasi dan intonasi), redaksi MC dalam bahasa Inggris, praktek acara resmi I & II, praktek acara semi formal, evaluasi keahlian komunikasi verbal, teknik mengatasi hambatan internal dan eksternal, teori keprotokolan serta praktek keprotokolan.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.