Beranda Frame Kemenparekraf Dukung Ragam Kegiatan Jelang Libur Lebaran 2024

Kemenparekraf Dukung Ragam Kegiatan Jelang Libur Lebaran 2024

BERBAGI
Kemenparekraf Dukung Ragam Kegiatan Jelang Libur Lebaran 2024

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung penyelenggaraan berbagai kegiatan pada jelang libur lebaran 2024 dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja serta peluang usaha bagi masyarakat.

Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Komang Ayu Astiti, dalam “The Extended Weekly Brief With Sandi Uno”, Senin (1/4/2024) di Manhattan Hotel, Jakarta, mengatakan ada sejumlah event yang disiapkan Kemenparekraf bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan.

“Pertama ada kolaborasi Pesantren Ramadan Istiqlal. Yakni kegiatan tarhib dan kirab Ramadan yang dilanjutkan pesantren Ramadan Istiqlal untuk beberapa tingkatan,” ujar Komang.

Di momen Ramadan ini juga ada sejumlah event yang masuk dalam Karisma Event Nusantara. Mulai dari Festival Arakan Sahur, yakni tradisi membangunkan masyarakat untuk sahur dengan menggunakan berbagai alat musik perkusi dan hiasan yang khas di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Tidak ketinggalan Aceh Ramadan Festival, Djakarta Ramadan Fair, serta Ramadhan Night Run.

“Kemudian juga ada Batam Wonder food and Art Ramadan, berupa bazar kuliner dan produk UMKM, kesenian yang bernuansa Islami, fesyen show, juga kesenian khas Kepulauan Riau,” ujar Komang.

Kemenparekraf berkolaborasi dengan MS Glow kembali mengadakan mudik gratis bagi masyarakat umum dan pegawai Kemenparekraf yang akan berlangsung pada 8 April 2024.

“Ini adalah tahun kedua penyelenggaraan mudik gratis. Tiga rute utama mudik gratis yakni Jakarta-Semarang-Surabaya; Jakarta-Surabaya-Malang; serta Jakarta-Solo-Yogyakarta,” jelas Komang.

Kemenparekraf dikatakan Komang juga telah memperbaharui E-Katalog Mudik Jelajah Masjid. Tahun lalu, katalog ini telah memuat informasi 27 masjid di empat jalur utama mudik.

E-katalog Mudik Jelajah Masjid berisi panduan yang berisi list masjid yang terletak di sekitar jalur mudik yang memiliki potensi sebagai destinasi pariwisata.

“Tahun ini terdapat penambahan jumlah masjid dan informasi tambahan terkait destinasi wisata sekitar masjid beserta rest area terdekat,” ujar Komang.

Aktivasi Pemasaran
Dalam kesempatan ini juga disampaikan program atau strategi yang dijalankan Kemenparekraf dalam pemasaran pariwisata pada momen jelang libur lebaran.

Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Yohanes De Britto Titus Haridjati, mengatakan untuk menyemarakkan momentum libur lebaran tahun ini pihaknya menghadirkan aktivasi media sosial bertajuk #TerpesonaRamadan.

Selain itu juga menjalankan sejumlah ragam aktivasi yang bekerja sama dengan sejumlah mitra co-branding Wonderful Indonesia. Di antaranya Kreasi Aneka Resep di Kala Maghrib (KARIM); Liputan Destinasi Liburan di Kampung Halaman (LEBARAN); Belanja Ekstra Murah (BERKAH); Semangat Liburan Walau tanpa Mudik (SALAM); serta Pesona Punya Kuis (PUKIS) spesial Ramadan.

“Dalam rangka menggelorakan lebaran, kami bekerja sama dengan mitra dari Jasa Marga, Kereta Api Indonesia, dan Damri. Bersama Jasa Marga, kami menyediakan banner-banner di rest area jalan tol yang memuat informasi destinasi wisata serta paket wisata nusantara (PakWisnu),” ujar Titus.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan selain kerja sama dengan dengan Jasa Marga, Kemenparekraf juga berkolaborasi dengan PT KAI dalam mengamplifikasi ajakan liburan #DiIndonesiaAja.

“Untuk kereta api, ada flash sale dari Senin hingga Kamis berupa diskon sampai 30 persen. Kami menyampaikan apresiasi atas dukungan dari para mitra,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Program-program yang dijalankan Kemenparekraf diharapkan dapat semakin meningkatkan geliat ekonomi dan terbukanya lapangan kerja serta peluang usaha bagi masyarakat.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) sebelumnya memproyeksikan perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ketika momen libur lebaran tahun 2024 akan mencapai Rp276,11 triliun.

Angka ini mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 15 persen jika dibandingkan dengan potensi perputaran ekonomi lebaran tahun sebelumnya yakni Rp240,01 triliun.

“Tapi karena saat ini sudah pascapandemi dan ada lonjakan yang signifikan, kami berharap jumlahnya bisa lebih besar,” kata Menparekraf Sandiaga.

“The Extended Weekly Brief With Sandi Uno” kali ini turut didukung para mitra co-branding Wonderful Indonesia, yakni The Ascott Limited (Harris Hotel, Yello Hotel, Fox Hotel); Manhattan Hotel; Traveloka; Trans Studio Entertainment; Grab Indonesia; Tokopedia; Taman Impian Jaya Ancol; El Hotel Bandung; Waterbom Bali; serta White Horse Group.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.