Beranda Frame Kemenpora Gelar Capacity Building Penguatan Karakter Pemuda dan Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda

Kemenpora Gelar Capacity Building Penguatan Karakter Pemuda dan Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda

BERBAGI
Kemenpora Gelar Capacity Building Penguatan Karakter Pemuda dan Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda

Bogor, Haloindonesia.co.idKementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) menggelar Capacity Building Penguatan Karakter Pemuda dan Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Hotel Pesona Alam, Cisarua Puncak Bogor, Rabu (21/6).

Kegiatan yang dibuka oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah ini diharapkan adanya target peningkatan IPP sebesar 57,67% dari kondisi sekarang sejumlah 55,33%. Dan target capaian IPP tingkat provinsi tahun 2024 agar mulai dilaksanakan sekaligus masuk dalam Rencana Aksi Daerah, guna peningkatan pemuda mandiri, berdaya saing, nasionalis dan berkarakter.

“Penguatan karakter pemuda, sangat perlu kita perhatikan, karena dari karakter inilah dapat menimbulkan pemuda yang berdaya saing dan kita sedang coba membangun 1 konsep pembangunan pemuda dalam bentuk Desain Besar Kepemudaan Nasional (DBKN),” kata Faisal Abdullah.

Faisal Abdullah juga menambahkan, Kemenpora melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda tahun 2023 akan mulai mensosialisasikan program DBKN.

“Kita akan sosialisasikan program DBKN, apakah ini dapat diterima di daerah, dan kita pun ingin menciptakan pemuda yang berkarakter dengan mental yang tangguh, mental pejuang dan siap menghadapi persaingan era globalisasi, pertemuan pun tentunya diharapkan dapat mendiskusikan hal-hal yang dapat mendorong bagaimana para pemuda maju dan berkompeten,” tambahnya.

Sementara itu, Asdep Karakter Pemuda Amar Ahmad menerangkan, digelarnya pelatihan perlu adanya harmonisasi dan sinkronisasi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah khususnya kebijakan penguatan karakter pemuda.

Masih menurut Amar Ahmad, kegiatan dilaksanakan selama tiga hari (21-23 Juni) dan dimaksudkan dalam rangka efektivitas pelayanan kepemudaan sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

“Tiga arahan dari Presiden yakni, Optimalisasi implementasi Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Kepemudaan, Pengembangan pemuda lebih kepada arah kewirausahaan dan profesionalitas, dan Meningkatnya Capaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP),” katanya.

Adapun maksud tujuan pelaksanaan kegiatan Capacity Building Strategi Penguatan Karakter Pemuda dan Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) adalah memberikan bimbingan teknis dan meningkatkan pemahaman terkait implementasi kebijakan penguatan karakter pemuda dan IPP kepada mitra dan stakeholder kepemudaan dalam rangka peningkatan kapasitas kelembagaan.

“Materi-materi berupa penguatan karakter yakni, Iman dan Taqwa (moderasi beragama), peningkatan karakter pemuda, bahaya desktruktif, dan  beberapa modul dukungan program kepemudaan yang sedang dipersiapkan,” imbuh Amar Ahmad.

Hadir dalam kegiatan 34 Kadispora dan Bappeda seluruh Indonesia, dengan narasumber diantaranya Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Woro Srihastuti Sulistyaningrum,

Kementerian Kesehatan R. Vensya Sitohang, Direktur Statistik Kesejahteraan Masyarakat Badan Pusat Statistik Ahmad Avenzora, Kepala Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset dan Teknologi, Putri Utami.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.