Beranda Daerah Kepala BSKDN Kemendagri Apresiasi Kinerja Pemkab Karo Persiapkan Pemilu 2024

Kepala BSKDN Kemendagri Apresiasi Kinerja Pemkab Karo Persiapkan Pemilu 2024

BERBAGI
Kepala BSKDN Kemendagri Apresiasi Kinerja Pemkab Karo Persiapkan Pemilu 2024

Karo,l Haloindonesia.co.id – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), yang telah mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan baik.

“Kami mencatat bahwa persiapan berikut kesiapan Pemerintah Kabupaten Karo sudah baik untuk pelaksanaan Pemilu 2024. Untuk itu, kami menyampaikan apresiasi atas kerja-kerja yang sudah dilakukan Pemkab Karo,” ungkap Yusharto saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo bersama Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Rabu, (22/11/2023).

Lebih lanjut, Yusharto mengatakan, keberhasilan Pemilu salah satunya diukur dari pelaksanaan yang aman, tertib, dan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu terus ditingkatkan kerja sama antara penyelenggara Pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan para stakeholder.

“Koordinasi Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dengan pelaksana Pemilu KPU, berikut Bawaslu perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu sehingga tidak ada hal yang menjadikan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada itu terganggu dari sisi keamanan dan ketertibannya,” terangnya.

Sementara itu, guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024, setiap pemerintah daerah (Pemda) termasuk Pemkab Karo diimbau untuk meningkatkan sosialisasi Pemilu kepada masyarakat. Sosialisasi yang berlangsung secara masif diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu, terutama pemilih pemula yang rentan menjadi sasaran praktik politik uang.

“(Terkait pemilih pemula) dari Dukcapil mengatakan lakukan terus upaya sosialisasi setelah perekaman (e-KTP), setidak-tidaknya potensi yang sudah dicatat sekitar 8 ribu lebih pemilih pemula mendapatkan informasi yang jelas dan terpercaya mengenai Pemilu,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto berharap persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 tidak akan mengganggu jalannya berbagai kegiatan pembangunan yang telah diagendakan, tetapi justru dapat berjalan beriringan dengan baik. “Kami akan terus bersama-sama dengan Bapak dan Ibu untuk menyukseskan Pemilu Tahun 2024,” pungkasnya.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.