Beranda Goverment Kominfo Berdayakan MC Daerah Sosialisasi Pendidikan Politik Santun Bagi Masyarakat

Kominfo Berdayakan MC Daerah Sosialisasi Pendidikan Politik Santun Bagi Masyarakat

BERBAGI

Depok, Halo Indonesia (Kominfo) – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 27 Juni 2018 mendatang, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memberdayakan media center (MC) Daerah sebagai alat informasi dalam memberikan pendidikan politik yang santun bagi masyarakat.

“Nantinya MC daerah akan memberikan layanan informasi di daerahnya  yang terkait aturan aturan dan tahapan tahapan tentang Pemilu Pilkada yang sumbernya dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bagaimana cara berpolitik yang santun kepada masyarakat.”Kata  Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Rosarita Niken Widiastuti di sela acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Konten Bagi Petugas Pengelola Media Center Daerah di Depok, Jawa Barat, Rabu (21/02/2018).

Menurut Niken,  memberikan pendidikan cara berpolitik yang baik dan santun perlu, agar masyarakat terhindar dari cara cara politik kotor seperti politik uang dan berita-berita hoax. “Karena berita berita hoax dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia,”ungkapnya.

Diharapkan Dirjen Niken, melalui pendidikan politik yang dilakukan MC Daerah inilah, nantinya masyarakat akan mendapat informasi yang benar dan akurat sehingga dapat memilih kepala daerah yang terbaik bagi daerahnya.“Jadi Media Center harus menyuarakan hal seperti itu, mari kita mengikuti semua tahapan pilkada dengan santun, benar benar memanfaatkan alat komunikasi. Kita mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara,”jelas Niken.

Penghargaan kepada Media Center Daerah
Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik memberikan penghargaan 21 Media Center Daerah teraktif dalam kontribusi berita dan foto ke infopublik.id yang dikelola oleh Direktorat Pengelolaan Media Publik. Penghargaan Media Center (MC) terbaik langsung diberikan Dirjen IKP Rosarita Niken Widiastuti kepada 21 Media Center dalam acara Bimtek Peningkatan Kualitas Konten bagi Pengelola Media Center Daerah.

Media Center  daerah dinilai yang aktif berkontribusi berita berdasarkan kategori provinsi diberikan kepada Dinas Kominfo Provinsi Riau dengan jumlah kontribusi 8.077 berita, dan diterbitkan 4.443 berita. Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur dengan jumlah kontribusi 3.186 berita, diterbitkan 2.393 berita. Biro Humas dan Protokol Provinsi Gorontalo dengan kontribusi 757 berita, diterbitkan 615 berita. Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat dengan jumlah kontribusi 1.106 berita, diterbitkan 563, dan Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan dengan kontribusi 636 berita, diterbitkan sebanyak 403 berita

Kemudian, Media Center yang aktif berkontribusi berita kategori Kabupaten/kota diberikan kepada Dinas Kominfo Kota Batam jumlah kontribusi 1481, terbit 1.196. Dinas Kominfo Kabupaten Sumenep jumlah kontribusi 1360 berita, terbit 1.062. Dinas Kominfo Kota Tangerang jumlah kontribusi 1.810 berita, terbit 992. Dinas Kominfo Kabupaten Bone Bolango jumlah kontribusi 764 berita, terbit 733 berita. Dinas Kominfo Kabupaten Sleman jumlah kontribusi 827, diterbitkan 714 berita.

Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kota Palangkaraya jumlah kontribusi 905 berita, terbit 686 berita. Dinas  Kominfo Kabupaten Balangan jumlah kontribusi 726 berita, terbit 613. Dinas Kominfo Kabupaten Blora jumlah kontribusi 641 berita, diterbitkan 598. Dinas Kominfo Kota Palembang jumlah kontribusi 651 berita, diterbitkan 548, dan Humas Setda Kabupaten Agam jumlah kontribusi 565, diterbitkan 472 berita.

Sementara itu, Media Center yang aktif berkontribusi foto diberikan kepada Bagian Humas Kota Tidore Kepulauan dengan jumlah kontribusi 1.115 foto, Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar  dengan jumlah kontribusi 996 foto. Dinas Kominfo Provinsi Riau dengan jumlah kontribusi 847 foto. Dinas Kominfo Kabupaten Blora dengan jumlah kontribusi 700 foto. Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan dengan jumlah kontribusi 684 foto.

Dinas Kominfo Kabupaten Batang dengan jumlah kontribusi 681 foto. Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Tabalong dengan jumlah kontribusi 614 foto. Dinas Kominfo Kota Bengkulu dengan jumlah kontribusi 609 foto. Biro Humas dan Protokol Provinsi Gorontalo dengan jumlah kontribusi 504 foto, dan Dinas Kominfo Kabupaten Bone Bolango dengan jumlah kontribusi 370 foto.

Sedangkan penghargaan foto terbaik satu diberikan kepada Biro Humas dan Protokol Provinsi Gorontalo, terbaik dua kepada Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Tabalong, dan terbaik tiga diberikan kepada Dinas Kominfo Kabupaten Sumenep.

Sementara itu, Kepala Subdit Media Online Direktorat Pengelolaan Media Publik Kemkominfo Nurlaili menjelaskan sebanyak 21 MC daerah yang mendapatkan penghargaan lima diantaranya MC provinsi, 16 MC kabupaten/kota.”Media center daerah tersebut  mengirimkan berita dan foto teraktif ke infopublik.id sepanjang tahun 2017,”ungkap Nurlaili

Ia menjelaskan MC merupakan simpul pusat pelayanan informasi dan komunikasi publik dalam mengkomunikasikan kebijakan publik secara cepat, tepat, akurat dan relevan agar mudah dipahami, serta meningkatkan partisipasi publik.

Menurutnya sumber daya manusia dalam pengelolaan MC menjadi ujung tombak dari pelayanan informasi dan komunikasi publik. Pengelolaab MC juga berkewajiban memberikan informasi kepada masyarakat di tengah dominasi agenda setting media massa.”hingga 2016 Kemkominfo telah menghibahkan 251 MC di sejumlah provinsi, kabupaten dab kota di Indonesia.”katanya

Nurlaili mengatakan melalui bimtek ini, para pengelola MC dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengelola media center dalam hal pembuatan konten, berita, feature, dan foto untuk media online. Selain itu juga dapat meningkatkan kualitas kontribusi berita dan foto dari MC daerah untuk infopublik.id.(yura)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.