Beranda Event Kota Dumai Gelar Kalender Event Pariwisata Riau, Lomba Mancing di Laut

Kota Dumai Gelar Kalender Event Pariwisata Riau, Lomba Mancing di Laut

BERBAGI
Kota Dumai Gelar Kalender Iven Pariwisata Riau, Lomba Mancing di Laut

Dumai, Halo Indonesia — Lomba mancing di laut yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata kota dumai bakal digelar kembali pada hari Minggu 22 April 2018. Kegiatan ini bertempat di Pelabuhan tempat pelelangan ikan (TPI) Purnama, jalan Wan Amir Kota Dumai.

Lomba mancing di laut ini merupakan salah satu dari 67 kegiatan yang telah masuk dalam Calendar of Events Riau (kalender Event pariwisata Riau) 2018, yang telah diluncurkan oleh Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata Jakarta, Senin (12/02/2018) lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman, menjelaskan  kegiatan perlombaan mancing dilaut itu, merupakan event tahunan yang sudah digelar sejak 18 tahun yang lalu. Menurutnya kegiatan ini sudah teruji dan bisa diandalkan untuk menambah kunjungan wisatawan.

“Kegiatan lomba mancing ini bisa membantu meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara. Untuk itu unsur pentahelix yang terdiri dari pemerintah, akademisi, pihak swasta, komunitas, media dan masyarakat, harus bersenergi membantu mendorong iven ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing,” kata Kadispar Riau, Fahmizal Usman, di Pekanbaru, pada Jumat (20/4).

Pada kesempatan yang sama, Fahmizal Usman, juga mengajak laskar digital yaitu komunitas Generasi pesona Indonesia regional Riau, agar ikut promosikan iven ini melalui media sosial.” Gass maksimal agar iven ini bisa dilihat dunia,” tegas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usaman.

Lomba mancing piala Gubernur Riau ke-17 tahun 2018 ini, memperebutkan berbagai hadiah yaitu, sepeda motor, televisi, kulkas, mesin cuci, uang pembinaan dan trophy Gubernur Riau.

Jumlah peserta yang telah mandaftar sejak tanggal 22 Maret sampai 20 April 2018 sebanyak 714 orang dan akan ditutup pada Sabtu (21/4/2018). Pada kegiatan ini nantinya bakal menggunakan 100 lebih pompong (perahu motor kayu, red) dan speed boat.

Adapun rincian jumlah peserta yang telah mendaftar, dari Negara tetangga Malaysia 5 orang, Provinsi Kepulauan Riau, 4 orang (1 grup), Provinsi Sumatera Barat 5 orang (1 Grup) dan dari tuan rumah Provinsi Riau sebanyak 700 orang.

Pada lomba mancing tahun 2017 lalu, yang menjadi juara satu diraih oleh peserta dari pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, yang berhasil memancing ikan pari dengan berat 12 kilogram

Selain kegiatan lomba mancing, di Kota nomor dua terluas di Indonesia itu, Dumai juga memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, yaitu hutan Bakau, pantai Puak Teluk Makmur, pantai Pulai Bungkuk, dan Pantai Ayu Akasia Indah. (hru/cbc).

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.