Beranda Daerah Laksanakan Penanaman Perdana Tanaman Jagung di Banggai, Wagub Sulteng: Bupati Diharapkan Dorong...

Laksanakan Penanaman Perdana Tanaman Jagung di Banggai, Wagub Sulteng: Bupati Diharapkan Dorong Masyarakat Manfaatkan Kredit UMKM

BERBAGI
Laksanakan Penanaman Perdana Tanaman Jagung di Banggai, Wagub Sulteng: Bupati Diharapkan Dorong Masyarakat Manfaatkan Kredit UMKM

Banggai, Haloindonesia.co.id – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Mamun Amir melaksanakan program prioritas penanaman perdana taman jagung di Desa Tongkudau Banggai Kepulauan, Kamis (7/10/2021). Penanaman ini merupakan bentuk kerja sama dengan Rumah Pemberdayaan Masyarakat (RPM), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Pemerintah Desa Desa Tongkudau Banggai Kepulauan.

Wagub menjelaskan, sejak dirinya bersama Gubernur Rusdy Mastura dilantik, pihaknya telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan CEO BRI Wilayah Manado. Kerja sama ini terkait pemberian kredit untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp 5 triliun. Program ini untuk mendorong pemanfaatan kredit UMKM untuk pengembangan pertanian, khususnya peningkatan produksi jagung dan menggenjot ekonomi masyarakat.

Mamun Amir menjelaskan, program tersebut merupakan kredit bunga ringan dan kredit tanpa agunan di bawah Rp 100 juta, “Untuk itu, diharapkan agar bupati dapat mendorong masyarakat untuk memanfaatkan program ini,” ujarnya.

Di lain pihak, Bupati Bangkep Rais Adam menyambut baik program pemberdayaan masyarakat melalui produktivitas tanaman jagung. Pihaknya bakal mendukung program Pemerintah Provinsi Sulteng, melalui kerja sama dengan Koperasi RMP dan BRI. Dia berharap, program tersebut mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Bangkep.

“Pemerintah dan masyarakat Bangkep sangat bersyukur bisa bersama Wagub dan Wakil Ketua TP PKK serta Ketua Relawan RPM untuk melakukan penanaman perdana jagung dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Bangkep,” tuturnya.

Sementa itu, Ketua Koperasi RPM Mahfud Masuara menyampaikan, bahwa RPM didirikan untuk melakukan kegiatan pada bidang kemanusiaan dan pemberdayaan. RPM juga memiliki sejumlah program prioritas lainnya, seperti pendidikan gratis untuk tahun 2020. Program pendidikan gratis tersebut dilakukan dengan meniadakan pungutan biaya pendidikan. Tak hanya itu, peningkatan infrastruktur untuk mendukung Sulteng menjadi daerah penyangga ibu kota negara baru juga turut menjadi program prioritas.

Selain dihadiri Bupati Bangkep dan Ketua Koperasi RPM, kegiatan ini juga turut dihadiri Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sulteng, Ketua TP PKK Bangkep. Tak hanya itu, hadir pula Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Sulteng Faisal Mang, Pelaksana Tugas (Plt) Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Rohani Mastura, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Suandi, Plt. Karo Umum Mualif, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangkep.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.