Beranda Frame Langkah Nyata KAI Melawan Covid 19

Langkah Nyata KAI Melawan Covid 19

BERBAGI
Langkah Nyata KAI Melawan Covid 19

Jakarta, Haloindonesia – Selama pandemi ini, KAI terus beradaptasi, berinovasi, memberikan kontribusi bagi bangsa. Salah satu kontribusi yang dilakukan dalam masa pandemi ini adalah dengan menyediakan jasa layanan transportasi KA yang aman, nyaman, dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat , juga mengurangi Jumlah perjalanan KA guna mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yg diberlakukan Pemerintah .  KAI terus berusaha melindungi pelanggan yang setia memilih kereta api sebagai moda transportasinya.

Untuk membuat pelanggan merasa aman dan nyaman, KAI dalam pelayanannya selalu konsisten mengikuti aturan pemerintah mulai dari mewajibkan pelanggan menggunakan masker, melakukan pengukuran suhu tubuh, penerapan jaga jarak, hingga menyesuaikan syarat pelaku perjalanan kereta api yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan dan Satgas Penanganan Covid-19.

Guna memudahkan para pelanggan memenuhi persyaratan perjalanan surat bebas Covid-19, KAI berkerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dan Indofarma menyediakan layanan Rapid Test Antigen dan GeNose di beberapa stasiun. Selain itu, di setiap stasiun KAI menyediakan beberapa fasilitas kebersihan sepeti wastafel portabel dan hand sanitizer yang tersebar di beberapa titik di stasiun. Selama pandemi, KAI juga melakukan pembatasan jumlah maksimal penumpang kereta api. KAI hanya menjual tiket 70% dari kapasitas maksimal tempat duduk utk KA jarak jauh  dan 50% untuk kereta api lokal. Tujuan dari pembatasan tersebut dimaksudkan sebagai penerapan jaga jarak antar pelanggan di dalam kereta api. Selain itu, KAI juga menyediakan healthy kit bagi pelanggan kereta api jarak jauh.

Terbaru, KAI kini juga menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 di berbagai stasiun bagi pelanggan kereta api jarak jauh secara gratis mulai 3 Juli 2021, sebagai bentuk dukungan KAI terhadap program pemerintah guna mempercepat program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Pelaksanaan vaksinasi di stasiun ini ditujukan untuk membantu melengkapi persyaratan calon pelanggan kereta api jarak jauh di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Untuk mengurangi mobilitas dan kontak erat antar dengan orang lain, KAI juga menambah fitur-fitur dalam aplikasi KAI Access. Dengan penambahan fitur ini, pelanggan dapat mengatur perjalanannya secara daring (online), sehingga tidak perlu lagi ke stasiun.

Di samping itu, sebagai tanggung jawab sosial kepada masyarakat dalam upaya membantu pemerintah memulihkan kondisi perekonomian, KAI telah memberikan bantuan senilai Rp.328 juta untuk porter stasiun yang terdampak pandemi. KAI juga rutin menyalurkan bantuan, baik berupa APD, bahkan ambulans, untuk membantu penanganan Covid 19. KAI melalui anak perusahaannya KAI Logistik juga memberikan diskon khusus untuk pengiriman obat-obatan, APD, dan alat medis lainnya dengan menggunakan kereta api selama bulan Juli ini.

Selain memberikan perlindungan kepada pelanggannya selama pandemi dan berkontribusi bagi masyarakat secara luas, KAI juga berkomitmen untuk memberikan perlindungan bagi salah satu aset terbesarnya, yakni pegawai. Selama pandemi, KAI menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat di area perkantoran bagi pegawainya. Penerapan protokol kesehatan diberlakukan baik masuk hingga keluar dari kantor dengan tujuan untuk melindungi para pekerja dari penularan Covid-19. Ketika memasuki area kantor, pegawai wajib menggunakan masker, mengecek suhu badan, dan diharuskan mencuci tangan.

Selain itu, KAI juga membatasi jumlah pegawai yang hadir di perkantoran dengan patuh menerapkan Work from Home (WFH) dan Work from Office (WFO) untuk pegawai sesuai dengan arahan pemerintah dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Dalam pelaksanaannya, KAI membentuk tim monitoring dan evaluasi untuk memantau para pegawai yang melakukan WFH dan WFO melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh perusahaan namun tetap melaksanakan tanggung jawab pekerjaannya dengan baik.

Tidak hanya itu, KAI mewajibkan tamu eksternal yang akan berkunjung ke area perkantoran untuk dapat menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 baik berupa hasil Rapid Test Antigen maupun RT-PCR yang masih berlaku.

Per 28 Juni 2021, sebanyak kurang lebih 38.471 pegawai KAI telah divaksinasi. Hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dan sebagai upaya KAI untuk melindungi pegawainya di masa pandemi Covid-19.

Di masa sulit ini, KAI mengajak semua elemen untuk bersama-sama mematuhi anjuran pemerintah dan bergotong royong membantu semua pihak terdampak maupun yang membutuhkan. Karena segala bentuk upaya yang dilakukan ini tidak semata untuk kepentingan pribadi maupun perusahaan, namun sebagai langkah nyata untuk kemanusiaan  menyelamatkan jiwa.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.