Surabaya, Haloindonesia.co.id – KAI Daop 8 Surabaya mencatat sebanyak 12.353 pelanggan menggunakan KA jarak jauh di libur panjang kali ini. Dari data sementara tersebut, stasiun keberangkatan tertinggi yakni Stasiun Surabaya Gubeng 3.685 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi 3.281 pelanggan, Stasiun Malang 1.273 pelanggan, dan diikuti stasiun lain keberangkatan lain di Daop 8 Surabaya.
“Mayoritas pelanggan didominasi dengan KA jarak jauh tujuan Jakarta, Solo, Yogyakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi,” ucap Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Jumat (29/3/2024).
Luqman Arif menambahkan, volume pelanggan pada Kamis (28/3/2024), meningkat hingga 40% dibanding minggu yang sama sebelumnya, yakni 8.000 pelanggan. Sementara itu untuk pelanggan pada Jumat (29/3/2024) hingga Minggu (31/3/2024) terpantau masih landai sama seperti Minggu sebelumnya, dengan rata-rata 9.000 pelanggan per hari.
Namun demikian, dijelaskannya, bahwa jumlah okupansi pelanggan masih akan meningkat seiring penjualan tiket masih berlangsung. “Seiring dengan libur panjang, KAI Daop 8 Surabaya siap mengakomodir kebutuhan mobilisasi pelanggan yang akan menggunakan transportasi kereta api,” terangnya.
Pada libur panjang akhir pekan Wafat Isa Almasih dan juga Paskah, Kamis (28/3) hingga Senin (31/3), KAI Daop 8 Surabaya saat ini mencatat sebanyak 35.329 pelanggan akan menggunakan KA jarak jauh dari wilayah KAI Daop 8 Surabaya. KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 43 KA jarak jauh reguler dan 4 KA jarak jauh tambahan, dengan kapasitas 27.226 tempat duduk per hari.
Bagi masyarakat yang akan melakukan pemesanan tiket pada libur, apabila KA yang diinginkan telah habis, pelanggan dapat menggunakan fitur connecting train pada aplikasi Access by KAI. Fitur ini nantinya akan mengombinasikan jadwal perjalanan KA yang bersifat persambungan, sehingga memudahkan pelanggan yang kehabisan tiket untuk tetap dapat melakukan perjalanan menggunakan KA.