
Jayapura, Haloindonesia.co.id – Selama tahun 2022 industri pariwisata sudah mulai berangsur pulih setelah diturunkannya status pandemi, dan dicabutnya pembatasan syarat perjalanan, akan tetapi kondisi di Papua khususnya di Jayapura belum sesuai harapan, seperti kondisi sebelum pandemi, hal ini dipengaruhi oleh masih mahalnya biaya perjalanan dan issue politik dan keamanan yang masih menghambat laju normalisasi kondisi pariwisata.
General Manager (GM) Front One Hotel Jayapura Ary Risdijawan, mengatakan, akan tetapi dalam kondisi ini kami masih dapat membukukan tingkat okupansi pada angka 52%. “Strategi kami dalam mensiasati kondisi yang serba tidak menentu ini untuk dapat menjaga dan meningkatkan okupansi sangat berfokus pada bagaimana kami membaca perilaku pasar di era disruptif. Dimana kebiasaaan kebiasaan baru, kebutuhan, pola-pola, dan model bisnis baru harus terus dikembangkan agar tidak tertinggal dengan trend market,” kata Ary, kepada Halo Indonesia, belum lama ini.
Ragam Fasilitas Hotel
Front One Hotel Jayapura adalah hotel dengan Group jaringan manajemen Azana Hotels yang cukup besar dengan lebih dari 70 unit hotel yang tersebar di Indonesia. Di Jayapura sendiri sudah terdapat 5 unit hotel dengan Jaringan manajemen di Bawah Azana Hotels. Selain berperan sebagai agen perubahan di Jayapura, Industri pariwisata di Jayapura menyumbangkan 70% PAD kota Jayapura.
Front One Hotel Jayapura merupakan hotel level menengah dengan kategori Bintang 3, memiliki beragam fasilitas, diantaranya akomodasi, F&B, dan fasilitas pertemuan. “Front One Hotel Jayapura berada di lokasi terbaik di Kota Jayapura, terletak di sentra bisnis Jayapura, dan memiliki view terbaik di Jayapura. Frontone Hotel Jayapura memilliki total 54 kamar dengan design terkini, yang terdiri dari kelas kamar Superior, Deluxe dan Executive,” ujar dia.
Selain fasilitas akomodasi, Ary menambahkan, Front One Hotel Jayapura memiliki 2 fasilitas F&B dan Meeting Room, Salah satu outlet F&B yang menjadi unggulan adalah The Roof Cafe & Lounge, yaitu rooftop outlet dengan view terindah di Jayapura.Selain itu ada juga layanan Spa & Massage. “Kami memiliki 2 meeting room dengan kapasitas yang beragam, secara keseluruhan dapat melayani acara pertemuan hingga 100 orang,” ucap Ary.
Menurut Ary, menu makanan yang ditawarkan selain menu menu yang konvensional atau tradisional. “Kami juga menawarkan menu menu makanan yang praktis dan kekinian dan mengikuti trend makanan dan minuman saat ini,” ujar dia.
Menurut dia, salah satu Unique Selling Point kami adalah adanya rooftop outlet yang sampai saat ini cukup dikenal oleh masyarakat di Jayapura sebagai F&B Outlet dengan suasana dan view terbaik, dimana anda dapat bersantap makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan sekeliling Jayapura dengan view langsung ke Pelabuhan dan Samudera Pasific.
Lanjut dia, tamu bagi kami adalah aset, dimana aset harus selalu di jaga dan di maintain. Tamu tidak lagi hanya sebagai pelanggan yang membayar, akan tetapi lebih seperti mitra dimana mereka pada masa ini mempunyai peran lebih, diantaranya sebagai influencer dan mediator. “Harapan kami kondisi di Papua dapat segera kondusif sehingga roda perekonomian kembali berputar dan lalu lintas barang dan jasa kembali bergairah,” pungkas Ary. (***)