Beranda Frame Memasuki Long Weekend, Menparekraf Rekomendasikan Sejumlah Event Menarik

Memasuki Long Weekend, Menparekraf Rekomendasikan Sejumlah Event Menarik

BERBAGI
Memasuki Long Weekend, Menparekraf Rekomendasikan Sejumlah Event Menarik

Jakarta, Haloindonesia.co.idMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan rekomendasi sejumlah event menarik yang dapat dipilih sekaligus dinikmati masyarakat untuk mengisi momen libur long weekend.

Menparekraf Sandiaga, dalam “Weekly Brief With Sandi Uno”, yang berlangsung secara hybrid, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (29/5/2023) menyampaikan kurang lebih tiga hari yang akan datang tepatnya pada Kamis, 1 Juni 2023 akan ada Peringatan Hari Lahir Pancasila. Kemudian tiga hari berikutnya yakni Minggu, 4 Juni 2023, umat Buddha juga akan memperingati Hari Raya Waisak 2567 BE.

Pemerintah sendiri telah resmi menetapkan cuti bersama pada Jumat, 2 Juni 2023 sebagai hari libur atau cuti bersama dalam rangka Hari Raya Waisak. Sehingga akan ada libur panjang selama 4 hari mulai dari 1 – 4 Juni 2023.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk turut memeriahkan liburan dengan sederet event-event menarik yang dapat menjadi pilihan masyarakat mengisi libur panjang,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Sejumlah event tersebut diantaranya Waisak yang berlangsung di Candi Borobudur pada 30 Mei – 4 Juni 2023, Indonesia Outdoor Festival 2023 di Istora Senayan Jakarta pada 1 – 4 Juni 2023, BNI Java Jazz Festival di JIEXPO Kemayoran pada 2 – 4 Juni 2023, Jakarta E-Prix yang berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit pada 3 – 4 Juni 2023, Teater Monolog Drupadu di Gedun Kesenian Jakarta pada 3 Juni 2023.

Kemudian Indonesia International Motor Show 2023 di Surabaya pada 31 Mei – 4 Juni 2023, Deep Extreme Indonesia di Jakarta pada 1 – 4 Juni 2023, Fifgroup 34th Localicious di Gelora Bung Karno pada 1 – 4 Juni 2023, Festival Semesta Berpesta di ICE BSD Tangerang pada 3 – 4 Juni 2023, Festival Solo Karajae di Parepare pada 31 Mei – 4 Juni 2023, Pesona Belitung Beach Festival di Bangka Belitung pada 1 – 4 Juni 2023, dan Semasa Piknik di Taman Lapangan Banteng Jakarta pada 2 – 4 Juni 2023.

Kehadiran event ini dapat menjadi magnet pariwisata dan ekonomi kreatif terutama dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan penciptaan peluang usaha yang lebih luas.

Dari sisi destinasi wisata berdasarkan data Booking Online Travel Agent, tercatat Bali, Joglosemar, dan Bromo-Tengger-Semeru menjadi top destinasi long weekend.

Sementara daya tarik utama yang dikunjungi berdasarkan wilayah yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta di Malioboro. Kemudian Jawa Tengah dengan destinasi unggulan mencakup Dieng, Borobudur, dan Pemandian Guci Tegal. Jawa Barat meliputi Lembang, Pangandaran, Puncak Bogor, Ciwidey. Dan di DKI Jakarta yakni Kebun Binatang Ragunan dan Ancol.

“Preferensi liburan ini kita harapkan bisa meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara,” kata Sandiaga.

Turut hadir dalam”Weekly Brief With Sandi Uno”, para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.