Beranda Frame Mendagri Minta Pj. Gubernur Kepulauan Babel Pastikan Kinerja Pemerintahan Tetap Berjalan Baik

Mendagri Minta Pj. Gubernur Kepulauan Babel Pastikan Kinerja Pemerintahan Tetap Berjalan Baik

BERBAGI
Mendagri Minta Pj. Gubernur Kepulauan Babel Pastikan Kinerja Pemerintahan Tetap Berjalan Baik

Jakarta, Haloindonesia.co.idMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu dapat memastikan kinerja pemerintahan tetap berjalan baik. Karena itu, Suganda diimbau agar menjalin hubungan baik dengan jajaran internal maupun bupati/wali kota di wilayahnya.

Pesan itu disampaikan Mendagri saat melantik Suganda sebagai Pj. Gubernur Kepulauan Babel di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat (31/3/2023). Suganda menggantikan Pj. Gubernur Ridwan Djamaluddin yang memasuki masa pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Lebih lanjut, Mendagri menegaskan, upaya menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak tersebut dibutuhkan untuk mendukung tugas yang diemban. Dia membeberkan sejumlah tugas penting bersifat nasional yang perlu menjadi perhatian Pj. Gubernur Kepulauan Babel. Hal itu seperti pengendalian inflasi, penurunan angka stunting, dan penanganan kemiskinan ekstrem. Ini termasuk program spesifik yang dimiliki Kepulauan Babel, seperti hilirisasi produk termasuk manajemen masalah timah.

“Untuk kerja sama (hilirisasi produk dan manajemen masalah timah) saya minta juga dengan stakeholder terkait, baik di pusat yaitu (Kementerian) ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), Menko Marinves, saya minta untuk menghadap segera, karena beliau diberi tugas untuk itu,” ujar Mendagri.

Hubungan baik juga perlu dibangun dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sehingga terjalin kekompakan dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. “Karena permasalahan yang ada untuk menjadi seorang gubernur inti utamanya adalah penguasaan teritorial, dan untuk menguasai teritorial memerlukan kebersamaan, tidak hanya sekadar pejabat tapi juga dengan tokoh-tokoh masyarakat yang ada,” jelas Mendagri.

Mendagri berharap, Suganda dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Dia menegaskan, kinerja Pj. Gubernur bakal dievaluasi melalui laporan tiga bulan sekali yang disampaikan kepada Presiden melalui Mendagri. “Kita juga tiga bulan sekali akan melaksanakan evaluasi yang dipimpin langsung oleh Irjen Kemendagri untuk melihat kinerja Bapak dan juga masukan-masukan nanti akan diberikan,” ujar Mendagri.

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga mengingatkan Suganda agar memahami batasan-batasan kewenangan yang dimiliki Pj. Gubernur. Dirinya juga mengajak semua pihak untuk mendukung Suganda dalam menjalankan tugasnya.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.