Beranda Daerah Mendagri Tito Resmi Lantik 5 Pj Gubernur di Kemendagri: Harap Bisa Ciptakan...

Mendagri Tito Resmi Lantik 5 Pj Gubernur di Kemendagri: Harap Bisa Ciptakan Kebijakan Tepat

BERBAGI
Mendagri Tito Resmi Lantik 5 Pj Gubernur di Kemendagri: Harap Bisa Ciptakan Kebijakan Tepat

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik lima Penjabat (Pj) Gubernur yang akan bertugas di Maluku Utara, Banten, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Sulawesi Selatan. Tito memberikan sejumlah pesan kepada setiap Pj Gubernur yang baru dilantik.

Tito pertama-tama menyampaikan pesannya kepada Penjabat Gubernur Gorontalo, Muhammad Rudy Salahuddin, yang berasal dari Kementerian Perekonomian. Pelantikan tersebut berlangsung di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta Pusat pada Jumat (17/5/2024).

“Untuk di Gorontalo Presiden memberikan kepercayaan kepada Bapak Rudy ya, dari Kementerian Perekonomian. Mudah-mudahan Bapak dengan segala pengalaman perekonomian dalam memimpin Gorontalo,” ungkap Mendagri Tito.

Kemudian, Tito berharap kepada Penjabat Gubernur (Pj) Sulawesi Barat, Bahtiar, dan Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif, bahwa pengalaman mereka akan menjadi modal berharga untuk merumuskan kebijakan yang tepat. Menurutnya, kedua pejabat dari Kemendagri tersebut akan menghadapi tantangan yang tidak mudah.

“Tentu saya mengharapkan bahwa pejabat-pejabat Kemendagri ini memiliki pengalaman di daerah, dengan makin banyak pengalaman di daerah akan makin mengalami daerah-daerah dan bisa membuat kebijakan yang tepat,” ungkapnya.

“Pak Zudan bukan orang baru sudah dua kali berpengalaman, pernah menjadi Pj Gorontalo, Pj di Sulbar kemarin, sekarang di Sulsel dengan tantangan yang tidak ringan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Tito berharap agar para Penjabat Gubernur yang baru dilantik dapat menjalankan amanah dengan baik. Ia juga mendoakan agar mereka menjadi kaya akan pengalaman dalam melaksanakan tugas mereka.

“Pak Bahtiar juga pernah ini, saya kira udah Pj yang ketiga, pernah di Kepri, di Sulawesi Selatan dan saat ini di Pj Sulawesi Barat ya. Saya berharap dengan 3 kali pengalaman Pj itu Bapak-bapak akan lebih kaya,” tuturnya.

“Saya doakan akan lebih menjadi pimpinan di masa yang akan datang karena memahami betul situasi semua wilayah-wilayah itu,” sambungnya.

Sementara itu, untuk Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar, Tito memuji kinerjanya yang sudah baik sejauh ini. Ini juga merupakan perpanjangan ketiganya sebagai Penjabat Gubernur.

“Banten Pak Muktabar beliau perpanjangan sudah yang ketiga. Kinerja beliau cukup bagus selama ini,” ucap Mendagri.

Untuk Penjabat Gubernur Maluku Utara, Tito menjelaskan bahwa pelantikan dilakukan karena masa jabatannya telah berakhir. Tito berpesan bahwa semakin sering para Penjabat Gubernur bertugas di berbagai daerah, semakin baik mereka memahami kondisi di lapangan saat mengambil kebijakan.

“Makin banyak mereka pernah bertugas di daerah daerah, mereka akan tahu persis apa yg terjadi di daerah itu saat mengambil kebijakan, anggaran, dan lain-lain, akan pas dengan kondisi daerah,” pungkasnya.

(HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.