Beranda Frame Mendekati Akhir Masa Jabatan Presiden RI, Jokowi Hadiri Puncak Perayaan Hari Pers...

Mendekati Akhir Masa Jabatan Presiden RI, Jokowi Hadiri Puncak Perayaan Hari Pers Nasional 2024

BERBAGI
Mendekati Akhir Masa Jabatan Presiden RI, Jokowi Hadiri Puncak Perayaan Hari Pers Nasional 2024

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Diakhir masa jabatannya sebagai Presiden RI ke-7, Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut hadir dalam acara puncak Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang juga dihadiri oleh wartawan dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil pantauan Haloindonesia.co.id, Jokowi berseta rombongan hadir pukul 16.01 WIB di Ecovention, Eco Park Ancol, Jakarta. Pada Selasa, (20/2/ 2024).

Dalam acara tersebut, terdapat beberapa Pejabat dan Menteri turut serta dalam acara tersebut, diantaranya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, serta Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Sebagai informasi, bahwa Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang diperingati setiap tanggal 9 Februari merupakan salah satu tonggak penting dalam sejarah jurnalisme di Indonesia. Perayaan ini juga menandai Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) yang didirikan sejak tahun 1946.

Peran wartawan Indonesia semakin kokoh dalam upaya mewujudkan cita-cita kemerdekaan dan sebagai salah satu fondasi demokrasi Indonesia. HPN juga menjadi penghormatan bagi semua profesional pers yang telah berperan dalam memajukan dan menjaga kesatuan bangsa Indonesia.

Peringatan ini merupakan salah satu hasil dari Kongres PWI ke-28 yang diselenggarakan di Padang pada tahun 1978. Pada awalnya, gagasan ini muncul dari dorongan tokoh-tokoh pers untuk mengakui eksistensi dan peran penting pers Indonesia dalam konteks nasional.

Setelah tujuh tahun, tepatnya pada tanggal 9 Februari, yang merupakan hari berdirinya PWI, secara resmi dijadikan Hari Pers Nasional. Keputusan ini diatur dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional.

Hingga saat ini, tanggal 9 Februari dirayakan sebagai Hari Pers Nasional dan Hari Ulang Tahun PWI. (HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.